PERAN FAO DALAM CELAC PLAN FOR FOOD AND NUTRITION SECURITY AND ERADICATION OF HUNGER 2025 TERHADAP KETAHANAN PANGAN DI ARGENTINA = FAO'S ROLE IN CELAC FOOD AND NUTRITION SECURITY AND ERADICATION OF HUNGER 2025 ON FOOD SECURITY IN ARGENTINE


Hilzah, Hulwah Yunita (2022) PERAN FAO DALAM CELAC PLAN FOR FOOD AND NUTRITION SECURITY AND ERADICATION OF HUNGER 2025 TERHADAP KETAHANAN PANGAN DI ARGENTINA = FAO'S ROLE IN CELAC FOOD AND NUTRITION SECURITY AND ERADICATION OF HUNGER 2025 ON FOOD SECURITY IN ARGENTINE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061171519 cover.png

Download (195kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061171519 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061171519 dp.pdf

Download (281kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061171519.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Hulwah Yunita Hilzah, E061171519, dengan judul skripsi “Peran FAO (Food and Agriculture Organization) dalam CELAC Food and Nutrition Security and Eradication of Hunger 2025 terhadap ketahanan pangan di Argentina” di bawah bimbingan Muh. Nasir Badu, S.sos, M.Hum, Ph.D selaku pembimbing I dan Bama Andika Putra, S.IP, MIR selaku pembimbing II, pada Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran FAO dalam CELAC FNS Plan terhadap ketahanan pangan di Argentina dalam kurun waktu dari tahun 2015-2020. Dalam mencapai tujuan tersebut, penulis menggunakan metode penelitian dengan tipe deskriptif-analitik. Teknik pengumpulan data yang penulis gunakan adalah teknik pengumpulan data berbasis telaah pustaka (library research) yang kemudian menghimpun data sekunder. Penulis menganalisis data menggunakan teknik analisis data kualitatif dengan metode penulisan deduktif.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa FAO terlibat penuh dalam pembentukan CELAC FNS Plan dan telah melakukan upaya-upayanya dalam implementasi tiap-tiap pilar. Upaya yang dilakukan oleh FAO ini berjalan sesuai dengan peran dan fungsinya sebagai organisasi internasional. Akan tetapi, upaya yang telah dilakukan FAO ini tidak sepenuhnya menjawab masalah ketahanan pangan di Argentina. Hal ini terlihat dari respon Pemerintah Argentina yang terlihat lemah dalam beberapa aspek dan Pemerintah Argentina justru membentuk Argentina National Plan dalam upaya mencapai ketahanan pangannya sekaligus mencapai target SDGs. Pembentukan ini justru menegaskan bahwa penerapan CELAC FNS Plan dapat dikatakan belum maksimal dalam upaya menjawab masalah ketahanan pangan di Argentina itu sendiri. Sehingga, peran FAO melalui CELAC FNS Plan juga tidak maksimal dalam upaya mencapai ketahanan pangan di Argentina itu sendiri.
Keywords : FAO, CELAC FNS PLAN 2025, KETAHANAN PANGAN, ARGENTINA

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 10 Mar 2022 00:58
Last Modified: 10 Mar 2022 00:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13993

Actions (login required)

View Item
View Item