Karakteristik Pasien Osteoarthritis Lutut di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Periode Januari – Desember 2021


Ghalia, Andi Nur Syadza (2022) Karakteristik Pasien Osteoarthritis Lutut di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Periode Januari – Desember 2021. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Bab I & II] Text (Bab I & II)
C011181518 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
C011181518 cover.png

Download (205kB) | Preview
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
C011181518 dp.pdf

Download (535kB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
C011181518.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Osteoarthritis (OA) adalah penyakit kronis degeneratif yang ditandai dengan kerusakan progresif tulang rawan pada persendian dan mengakibatkan tulang saling bergesekan serta menimbulkan kekakuan, nyeri, dan gangguan gerak. Berdasarkan data dari World Health Organization, prevalensi penderita osteoartritis di dunia pada tahun 2014 mencapai 151,4 juta jiwa. Faktor risiko yang dapat berperan pada penyakit Osteoarthritis yaitu: usia, jenis kelamin, genetik, kegemukan dan penyakit metabolik, cedera sendi, pekerjaan dan olahraga, kelainan pertumbuhan serta faktor-faktor lainnya. Penegakan diagnosis Osteoarthritis didasarkan pada hasil anamnesis, pemeriksaan fisik, dan pemeriksaan penunjang. Berdasarkan latar tersebut, maka peneliti tertarik untuk melakukan suatu penelitian tentang karakteristik pasien osteoartritis lutut di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Periode Januari-Desember 2021, dengan harapan hasil yang diperoleh dapat memberikan informasi karakteristik pasien osteoartritis lutut.
Metode: Penelitian ini dilakukan pada RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif observasional yang menggunakan data rekam medis karakteristik pasien Osteoarthritis Lutut sebagai data penelitian. Teknik pengambilan sampel dengan mengunakan metode total sampling.
Hasil: Terdapat 41 sampel yang didapatkan di RSUP Wahidin Sudirohusodo. Didapatkan bahwa berdasarkan usia paling banyak yang berusia manula (>65 tahun) sebesar 43,9%; berdasarkan jenis kelamin paling banyak oleh perempuan yaitu sebesar 65,8%; berdasarkan pekerjaan didominasi oleh populasi yang tidak memiliki pekerjaan tetap yaitu sebesar 51,2%; berdasarkan diagnosis didominasi dengan Osteoarthritis Lutut Bilateral yaitu sebesar 61%; berdasarkan indeks massa tubuh (IMT) paling banyak ditemukan pada kategori obese (≥25 kg/m2) yaitu sebesar 41,5%; berdasarkan klasifikasi Kellgren-Lawrence paling banyak pada kategori Grade 3 yaitu sebesar 36,6%.
Kesimpulan: Pasien penderita Osteoarthritis Lutut di RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar Periode Januari – Desember 2021 didominasi oleh jenis kelamin perempuan, berumur >65 tahun, pekerjaan tidak tetap, didiagnosis dengan Osteoarthritis Lutut Bilateral, indeks massa tubuh obese, dan klasifikasi Osteoarthritis Kellgren-Lawrence grade 3.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Karakteristik, Osteoarthritis Lutut, RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo Makassar.
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Depositing User: Andi Milu
Date Deposited: 09 Mar 2022 07:58
Last Modified: 09 Mar 2022 07:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13984

Actions (login required)

View Item
View Item