Buku Edukasi Cerita Bergambar Mengenai Tangkas Berinternet Bagi Anak Usia Dini


Agafanthy, Annysa Nur (2022) Buku Edukasi Cerita Bergambar Mengenai Tangkas Berinternet Bagi Anak Usia Dini. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
E021171304_skripsi_04-02-2022 cover.png

Download (139kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
E021171304_skripsi_04-02-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
E021171304_skripsi_04-02-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
E021171304_skripsi_04-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Tingginya intensitas dan kecepatan penguasaan teknologi oleh anak usia dini memiliki memiliki peluang besar untuk dimanfaatkan semaksimal mungkin untuk membantu perkembangan anak, karena dapat digunakan sebagai sarana belajar. Namun, internet juga melahirkan resiko munculnya berbagai permasalahan yang menghawatirkan apabila anak tidak dibekali pemahaman mengenai literasi digital khususnya internet. Terciptanya karya buku ini merupakan bentuk dukungan kepada orang tua juga anak sebagai alternatif edukasi melalui medium komunikasi visual untuk memahami internet.
Buku ini memuat pesan agar anak dapat memetik pesan edukasi pada cerita “Lila jadi Dua”. Buku ini bercerita tentang seorang anak bernama Lila yang menjelajahi dunia internet melalui perangkatnya dan bertemu dengan seseorang yang mencuri identitasnya diinternet karena kecerebohannya dalam membagikan datanya ke internet.
Karya ini dibuat melalui metode penciptaan karya yang dilakukan secara bertahap mulai dari proses pra-produksi, produksi hingga pasca-produksi. Tahapan pra-produksi dilaksanakan riset mengenai data pengguna internet oleh anak hingga kompleksitas perilaku mereka melalui metode library research. Tahapan selanjutnya, pada tahap produksi dilaksanakan serangkaian proses pembuatan karya yang terdiri dari proses pembuatan cerita, menggambar, hingga tata letak. Pada tahap pra-produksi atau tahapan terakhir sebelum diterbitkan, buku ini melalui tahapan uji coba dengan menggunakan metode wawancara terhadap narasumber. Tahapan uji coba menghasilkan evaluasi terhadap buku baik dari segi pesan hingga visual. Evaluasi tersebut kemudian diimplementasikan terhadap karya dengan memperbaiki karya sebelum diterbitkan. Karya ini dianalisa secara objektif menggunakan metode analisis SWOT. Melalui metode tersebut diketahui bahwa strategi utama buku adalah memberikan bentuk alternatif edukasi juga hiburan kepada anak mengenai literasi digital khususnya internet melalui medium yang sesuai dengan pemilihan elemen visual dan juga pesan yang ramah untuk anak
Dalam pemilihan tema buku yang diangkat yakni tangkas berinternet untuk sejatinya adalah bentuk literasi yang perlu ditanamkan kepada anak sejak dini di era digital. Sebab, perkembangan teknologi dapat dimaksimalkan dengan baik oleh anak untuk menjelajahi potensinya dengan rasa aman, percaya diri dan bekal literasi digital yang cukup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: tangkas berinternet, literasi digital, internet, komunikasi visual, anak usia dini, buku cerita bergambar.
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 09 Mar 2022 07:58
Last Modified: 09 Mar 2022 07:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13983

Actions (login required)

View Item
View Item