PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MAHASISWA PADA PILWALI MAKASSAR 2020 = The Influence of Social Media Instagram on the Level of Student Political Partici-pation in the 2020 Makassar Mayoral Election

Azisan, Azisan (2022) PENGARUH MEDIA SOSIAL INSTAGRAM TERHADAP PARTISIPASI POLITIK MAHASISWA PADA PILWALI MAKASSAR 2020 = The Influence of Social Media Instagram on the Level of Student Political Partici-pation in the 2020 Makassar Mayoral Election. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041171516 cover.png

Download (124kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041171516 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041171516 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041171516.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Pengguna media sosial semakin banyak dan semakin meluas, mulai dari hanya sekedar kepentingan pribadi, bisnis-komersial, hingga urusan politik. Hal tersebut dapat dilihat, misalnya fenomena pemasaran politik di Indonesia, baik itu pemilu legislatif, pemilu presiden, maupun pemilihan kepala daerah (pilkada). Kampanye politik tidak lagi sekedar memanfaatkan above line media (seperti televisi, koran, majalah, radio, tabloid) dan below line media (seperti brosur, pamflet, spanduk, dan lain sebagainya), tetapi kampanye politik juga memanfaatkan new media, dalam hal ini media sosial.
Penelitian ini bertujuan untuk menyorot pengaruh dari penggunaan media sosial Instagram terhadap partisipasi politik mahasiswa pada pemilihan walikota Makassar 2020. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif, dengan pengumpulan datanya menggunakan kuesioner yang disebarkan secara daring (online) dengan menggunakan fitur google form yang disebar kepada mahasiswa Ilmu Politik 2015-2020. Dalam penelitian ini, menggunakan konsep media sosial Instagram dan teori partisipasi politik. Adapun dalam mengolah data yang diperoleh, menggunakan program IBM SPSS Statistics 21.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa korelasi antara kedua variabel (media sosial Instagram dan partisipasi politik) berada pada angka 0,559, dengan kata lain korelasi dari kedua variabel tersebut adalah sedang. Adapun kontribusi media sosial Instagram dalam mempengaruhi partisipasi politik mahasiswa Ilmu Politik FISIP Unhas tahun akademik 2015-2020 sebesar 31,2 %, sedangkan sisanya yakni 68,8 % dipengaruhi oleh faktor-faktor lain diluar dari variabel lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini seperti isu terkini, ketokohan calon, partai pengusung calon dan lain sebagainya. Hasil dari pengujian hipotesis menunjukkan bahwa media sosial Instagram berpengaruh terhadap partisipasi politik mahasiswa Ilmu Politik FISIP Unhas tahun akademik 2015-2020.
Kata Kunci: media sosial Instagram, partisipasi politik, Pilwali Makassar 2020

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 09 Mar 2022 07:12
Last Modified: 09 Mar 2022 07:12
URI: http://repository.unhas.ac.id/id/eprint/13962

Actions (login required)

View Item
View Item