PERSEPSI GENERASI MILENIAL TERHADAP AKUN INSTAGRAM “PINTERPOLITIK” SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN POLITIK = MILLENIAL GENERATION’S PERCEPTION OF THE “PINTERPOLITIK” INSTAGRAM ACCOUNT AS A POLITICAL EDUCATION MEDIA


Nuspira, Rani (2022) PERSEPSI GENERASI MILENIAL TERHADAP AKUN INSTAGRAM “PINTERPOLITIK” SEBAGAI MEDIA PENDIDIKAN POLITIK = MILLENIAL GENERATION’S PERCEPTION OF THE “PINTERPOLITIK” INSTAGRAM ACCOUNT AS A POLITICAL EDUCATION MEDIA. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E041171510 cover.png

Download (109kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E041171510 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E041171510 dp.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E041171510.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract (Abstrak)

Pemanfaatan Instagram oleh generasi milenial saat ini sangat meluas, bukan lagi menjadi media yang digunakan untuk hiburan semata melainkan untuk mengakses informasi dalam hal ini informasi tentang politik. Hal tersebut disebabkan oleh perkembangan dan pergeseran penggunaan media sosial, dapat dilihat dari munculnya media yang bebasis politik. Salah satu akun yang menjadi objek dalam penelitian ini adalah akun @pinterpolitik.
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui dan mencermati persepsi generasi milenial di Kota Makassar yang memanfaatkan atau menjadikan akun @pinterpolitik di media sosial Instagram sebagai salah satu media yang dapat membantu proses pendidikan politiknya. Metode penelitian yang digunakan yaitu penelitian kualitatif dengan teknik pengumpulan data melalui wawancara mendalam, studi pustaka, dan observasi. Landasan dari penelitian ini menempatkan kerangka konsep persepsi, teori persepsi, konsep cyberspace sebagai ruang publik baru, konsep media sosial, pendidikan politik, dan generasi milenial.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa Pertama, Adanya beberapa aspek yang dilihat dari akun @pinterpolitik menjadi faktor yang mempengaruhi penilain dan keputusan mahasiswa di Kota Makassar untuk menjadikan akun @pinterpolitik sebagai salah satu rujukan dalam mencari informasi-informasi politik. Kedua, Terjadinya interaksi antara mahasiswa dengan akun @pinterpolitik yang semakin tinggi telah memberikan pengaruh terhadap pemahaman, minat dan ketertarikan terhadap politik, serta tindakan-tindakan yang dilakukan mahasiswa setelah mengonsumsi akun @pinterpolitik. Berdasarkan ketiga aspek persepsi yaitu kognisi, afeksi, dan konasi yang saling berinteraksi membuktikan bahwa kehadiran akun @pinterpolitik telah mengambil peran dalam proses pendidikan politik generasi milenial.
Keywords : Persepsi, Instagram, Generasi Milenial, Pendidikan Politik

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 09 Mar 2022 07:11
Last Modified: 09 Mar 2022 07:11
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13960

Actions (login required)

View Item
View Item