STRATEGI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MAKASSAR


Tophan, Muhammad Alfridho (2021) STRATEGI PELAYANAN ADMINISTRASI KEPENDUDUKAN PADA MASA PANDEMI COVID-19 DI DINAS KEPENDUDUKAN DAN PENCATATAN SIPIL KOTA MAKASSAR. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
E21115514_skripsi cover.png

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
E21115514_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
E21115514_skripsi dp.pdf

Download (704kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
E21115514_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Muhammad Alfridho Tophan (E21115514) Strategi Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar, xiii + 113 Halaman + 6 Gambar + 4 Tabel + 28 Daftar Pustaka, dibimbing oleh Dr. H. Syahribulan, M.Si dan Dr. H. Muhammad Yunus, MA
Penelitian mengenai Strategi Pelayanan Administrasi Kependudukan Pada Masa Pandemi Covid-19 Di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil di Kota Makassar ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis strategi pelayanan administrasi Kependudukan di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar khususnya dalam penerbitan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga.
Dalam penelitian ini penulis menggunakan pendekatan kualitatif dimana penelitian yang dilakukan bersifat deskriptif yaitu memberikan gambaran atau penjelasan yang tepat mengenai permasalahan yang dihadapi dengan didukung oleh data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah wawancara dan observasi serta melalui studi pustaka.
Dari hasil penelitian ini menunjukkan bahwa strategi pelayanan administrasi kependudukan yang ada di Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar khususnya dalam penerbitan Kartu Tanda Penduduk dan Kartu Keluarga belum efektif dan efisien. Dilihat dari masih ada keluhan dari masyarakat selaku pengguna layanan berupa ketidakjelasan prosedur. Oleh karena itu, sebaiknya Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kota Makassar sesegera mungkin melakukan koordinasi dengan pemerintah pusat.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kata Kunci: Strategi, Pelayanan, Administrasi
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 09 Mar 2022 07:03
Last Modified: 09 Mar 2022 07:03
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13945

Actions (login required)

View Item
View Item