PERAN CONSERVATION INTERNATIONAL (CI) TERHADAP KONSERVASI PERAIRAN DI BALI (STUDI KASUS: DESA TULAMBEN, BALI)


Theodorrus, Timothy Febrian (2021) PERAN CONSERVATION INTERNATIONAL (CI) TERHADAP KONSERVASI PERAIRAN DI BALI (STUDI KASUS: DESA TULAMBEN, BALI). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
E13116518_skripsi cover.png

Download (125kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
E13116518_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
E13116518_skripsi dp.pdf

Download (213kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
E13116518_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Timothy Febrian Theodorrus, (E13116518), “Peran Conservation International (CI) Terhadap Konservasi Perairan di Bali (Studi Kasus: Desa Tulamben,Bali)”, dibawah bimbingan Aswin Baharuddin,S.IP,MA selaku pembimbing I dan Bama Andika Putra,S.IP,MIR selaku pembimbing II pada Departemen Ilmu Hubungan Internasional, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi Conservation International terhadap Konservasi Perairan di Tulamben, Bali dan dampak yang dihasilkan dari Conservation International terhadap Konservasi Perairan di Tulamben, Bali. Metode penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah metode deskriptif, dengan teknik pengumpulan data berupa telaah buku, jurnal, artikel, situs internet resmi, serta laporan atau dokumen yang berkaitan dengan penelitian ini.
Hasil penelitian ini menemukan dua hal. Pertama, strategi Conservation International terhadap Konservasi Perairan di Tulamben, Bali yaitu berperan dalam pengelolaan kebijakan dan regulasi bersama pemerintah Desa Tulamben serta partisipasi bersama masyarakat dalam konteks integrasi program Kawasan Konservasi Perairan (KKP). Kedua, dampak Conservation International terhadap Konservasi Perairan di Tulamben, Bali terbagi atas tiga dimensi, yaitu sosial, lingkungan, dan ekonomi. Adapun dampaknya secara sosial yaitu peran aktif masyarakat dalam program Conservation International. Secara lingkungan, adanya pertumbuhan varietas ikan di areal kawasan konservasi Desa Tulamben. Dan dampaknya secara ekonomi yaitu meningkatnya akomodasi perhotelan di Tulamben serta tenaga kerja lokal.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Conservation International Indonesia, Kawasan Konservasi Perairan, Desa Tulamben, Peraturan Pemerintah No.60 Tahun 2007.
Subjects: J Political Science > JZ International relations
Depositing User: Kamaluddin
Date Deposited: 09 Mar 2022 07:01
Last Modified: 09 Mar 2022 07:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13942

Actions (login required)

View Item
View Item