Perempuan Dalam Gerakan Legalisasi Ganja (Studi Kasus: Lingkar Ganja Nusantara) = “WOMEN IN THE CANANA LEGALIZATION MOVEMENT (Case Study: Lingkar Ganja Nusantara)”


Zulkifli R, Muhammad (2022) Perempuan Dalam Gerakan Legalisasi Ganja (Studi Kasus: Lingkar Ganja Nusantara) = “WOMEN IN THE CANANA LEGALIZATION MOVEMENT (Case Study: Lingkar Ganja Nusantara)”. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E032182005 cover.png

Download (145kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E032182005 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E032182005 dp.pdf

Download (701kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E032182005.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

MUHAMMAD ZULKIFLI R. “PEREMPUAN DALAM GERAKAN LEGALISASI GANJA (Studi Kasus: Lingkar Ganja Nusantara)” (dibimbing oleh: Buchari Mengge dan Nuvida Raf).
Penelitian ini bertujuan (1) menganalisis proses dan bentuk gerakan legalisasi ganja di Indonesia yang dilakukan oleh Lingkar Ganja Nusantara (2) menganalisis partisipasi perempuan dalam gerakan legalisasi ganja di Indonesia. Metode penelitian dengan pendekatan kualitatif dengan tipe fenomenologi. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dokumen dan studi kepustakaan. Penentuan informan menggunakan teknik purposive sampling dan teknik snow ball dengan informan berjumlah 6 (enam) orang.
Hasil penelitian menunjukkan perempuan mempunyai andil besar dalam gerakan legalisasi ganja medis di Indonesia. Keterlibatan perempuan ditunjukan dalam proses aktivisme yang dilakukan Lingkar Ganja Nusantara yang dilakukan dengan 4 (empat) pendekatan yakni pendekatan ilmiah, ekonomi, budaya, dan hukum, di mana setiap pendekatan yang dilakukan mempunyai strategi dan bentuk yang berbeda sehingga upaya legalisasi dapat mencapai tujuan gerakan yang diinginkan. Proses aktivisme tidak lepas dari peran dan partisipasi perempuan dalam gerakan legalisasi ganja di Indonesia. Aktifis perempuan Lingkar Ganja Nusantara membentuk perkumpulan yang bernama LGN Kartini yang merupakan gerakan kolektif perempuan yang berada di Lingkar Ganja Nusantra yang berupaya membela hak-hak perempuan dan legalisasi ganja di Indonesia.
Keywords : Perempuan dan Legalisasi Ganja

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: H Social Sciences > HM Sociology
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 09 Mar 2022 06:59
Last Modified: 09 Mar 2022 06:59
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13940

Actions (login required)

View Item
View Item