PENATAAN LAHAN REKLAMASI PT SEMEN TONASA, BONTOA, KABUPATEN PANGKEP, PROVINSI SULAWESI SELATAN = ARRANGEMENT OF RECLAMA-TION LAND PT SEMEN TONASA, BONTOA, PANKEP REGENCY, SOUTH SULAWESI PROVINCE


Nur, Andi Ahmad Fauzan (2022) PENATAAN LAHAN REKLAMASI PT SEMEN TONASA, BONTOA, KABUPATEN PANGKEP, PROVINSI SULAWESI SELATAN = ARRANGEMENT OF RECLAMA-TION LAND PT SEMEN TONASA, BONTOA, PANKEP REGENCY, SOUTH SULAWESI PROVINCE. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D62115022 cover.png

Download (183kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D62115022 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D62115022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D62115022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

PT. Semen Tonasa terletak di Kelurahan Bontoa Kabupaten Pangkep Provinsi Sulawesi Selatan. Kegiatan penambangan yang dilakukan PT. Semen Tonasa adalah penambangan batu gamping dan silika. Permasalahan yang timbul pada lahan bekas penambangan, antara lain : kondisi lahan bekas penambangan yang belum tertata dengan baik, permukaan lahan yang tidak rata dan banyaknya tebing yang relatif curam sehingga bahaya longsor. Beberapa lokasi yang tidak terganggu oleh kegiatan produksi belum dilakukan reklamasi. Rencana reklamasi yang akan dilakukan mencakup penataan lahan, pengendalian erosi dan sedimentasi, serta revegetasi dan pemeliharaan. Berdasarkan kondisi lahan yang ada, lahan akan ditata dan dibentuk terasan berupa teras bangku. Penataan lahan dilakukan untuk menyiapkan lahan menjadi lahan siap tanam dengan tanamannya yaitu tanaman jabon merah dan rumput gajah, yang pengerjaannya dilakukan selama 14 hari. Setelah itu dilakukan perencanaan pengendalian erosi dan sedimentasi dengan pembuatan teras dan pembuatan saluran terbuka. Dari hasil perhitungan yang dilakukan, dimensi saluran terbuka berbentuk trapesium dengan lebar penampang atas masing-masing jenjang 1,5 m, lebar penampang bawah 1 m, kedalaman 1 m dan kemiringan sisi 60o. Lama waktu pengerjaan pembuatan saluran selama 8 hari. Revegetasi dilakukan dengan menggunakan tanaman Anthocephalus macrophyllus sebanyak 286 bibit dan Pennisetum purpureum sebanyak 35.981 bibit. Pengelolaan tanah pucuk, penanaman, dan pengisian lubang tanaman untuk jabon merah dan rumput gajah dilakukan selama 31 hari dengan tenaga manusia. Dari perencanaan reklamasi yang telah dilakukan, terjadi penurunan Tingkat Bahaya Erosi (TBE) dari 2.018,47 ton/ha/tahun (kategori sangat berat) menjadi 44,92 ton/ha/tahun ( kategori ringan).
Kata Kunci : reklamasi, clay, revegetasi ,top soil, pot system

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:29
Last Modified: 08 Mar 2022 06:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13929

Actions (login required)

View Item
View Item