Perkuatan Lereng Menggunakan Blok Tipe X dalam Kondisi Presipitasi = Slope Reinforcement Using X Type Block in Precipitation


Harianto, Tri (2022) Perkuatan Lereng Menggunakan Blok Tipe X dalam Kondisi Presipitasi = Slope Reinforcement Using X Type Block in Precipitation. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011171329 cover.png

Download (87kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D011171329 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011171329 dp.pdf

Download (43kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011171329.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (20MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini merupakan penelitian terapan (applied research) dengan metode eksperimental. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas jenis perkuatan lereng blok X pada lereng dengan kondisi pemberian curah hujan (presipitasi). Data keluaran dari penelitian ini adalah berupa besar deformasi yang terjadi pada lereng dan rasio deformasi perkuatan lereng.
Pada penelitian ini, digunakan variabel bebas, variabel kontrol, dan variabel terikat. Variabel bebas pada penelitian ini adalah pemberian perkuatan blok X tipe 1, tipe 2, dan tanpa perkuatan lereng. Variabel kontrol pada penelitian ini adalah besar deformasi lereng dan nilai rasio deformasi perkuatan lereng. Variabel terikat pada penelitian ini adalah karakteristik tanah lereng, geometri lereng, beban, dan intensitas curah hujan.
Berdasarkan hasil penelitian ini, diketahui bahwa lereng yang dibebani tanpa diberi perkuatan blok X dengan pemberian curah hujan mengalami keruntuhan pada menit ke-28. Deformasi yang terjadi sesaat sebelum terjadi keruntuhan yaitu: (1) deformasi vertikal sebesar 8 mm dan (2) deformasi horizontal sebesar 10 mm. Berikutnya, untuk lereng dengan perkuatan blok X tipe 1 setelah dibebani selama 24 jam tidak mengalami keruntuhan. Deformasi yang terjadi yaitu: (1) deformasi vertikal sebesar 8 mm dan (2) deformasi horizontal sebesar 10 mm. Berikutnya, untuk lereng dengan perkuatan blok X tipe 2 setelah dibebani selama 24 jam tidak mengalami keruntuhan. Deformasi yang terjadi yaitu: (1) deformasi vertikal sebesar 8 mm dan (2) deformasi horizontal sebesar 10 mm.
Data keluaran berikutnya dari penelitian ini adalah nilai rasio deformasi perkuatan lereng, Nilai ini diperoleh dengan membandingkan deformasi yang terjadi pada lereng dengan perkuatan dengan deformasi yang terjadi pada lereng tanpa perkuatan sesaat sebelum mengalami keruntuhan. Nilai deformasi yang didapatkan pada semua perkuatan lereng tidak ada yang lebih dari satu sehingga tujuan efektifitas perkuatan lereng terpenuhi.
Keywords : Perkuatan Lereng, Presipitasi, Blok Tipe X

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Mar 2022 06:12
Last Modified: 08 Mar 2022 06:12
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13919

Actions (login required)

View Item
View Item