ANALISIS ASPEK KELAYAKAN EKONOMI DAN FINANSIAL JALAN TOL LAYANG A. P. PETTARANI = ANALYSIS OF ECONOMIC AND FINANCIAL FEASIBILITY ASPECTS OF ELEVATED TOLL ROADS A. P. PETTARANI


Setiawan, Muhammad Dirga (2022) ANALISIS ASPEK KELAYAKAN EKONOMI DAN FINANSIAL JALAN TOL LAYANG A. P. PETTARANI = ANALYSIS OF ECONOMIC AND FINANCIAL FEASIBILITY ASPECTS OF ELEVATED TOLL ROADS A. P. PETTARANI. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D011171803_skripsi_04-02-2022 cover.png

Download (96kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D011171803_skripsi_04-02-2022 1-2.pdf

Download (854kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D011171803_skripsi_04-02-2022 dp.pdf

Download (704kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D011171803_skripsi_04-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Proyek yang berlokasi di Wilayah Sulawesi Selatan, dikenal dengan Jalan Tol Layang A. P. Pettarani. Jalan Tol Layang A.P. Pettarani yang merupakan Tol Ujung Pandang Seksi 3 ini akan melengkapi ruas tol eksisting Jalan Tol Ujung Pandang pada Seksi 1, 2 dan 4 yang akan beroperasi dengan sistem terbuka dan memiliki dua on-off ramp yaitu di Boulevard dan Alauddin. Adapun tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis kinerja ruas jalan A. P. Pettarani setelah adanya pembangunan, serta menganalisis aspek kelayakan ekonomi dan finansial jalan tol layang A. P. Pettarani. Data yang telah diperoleh baik data primer maupun data sekunder kemudian diolah untuk menghitung biaya dan manfaat yang meliputi nilai waktu tempuh dan biaya operasional kendaraan, kemudian data arus lalu lintas digunakan untuk menghitung kinerja dari jalan pada kondisi eksisting, dengan berpedoman pada Manual Kapasitas Jalan Indonesia 1997. Dari analisis aspek ekonomi didapatkan hasil nilai BCR pada discount rate 12% sebesar 1,279 > 1 dan nilai NPV sebesar Rp Rp. 757.517.044.826 > 0 dan nilai IRR adalah 16,384%. Berdasarkan nilai BCR > 1 dan NPV > 0, maka dapat disimpulkan pembangunan Jalan Tol Layang A. P. Pettarani LAYAK dari aspek ekonomi. Dari analisis aspek ekonomi didapatkan hasil nilai BCR pada discount rate 12% sebesar 1,923 > 1, nilai NPV sebesar Rp Rp. Rp. 2.472.818.778.992 > 0, nilai IRR adalah 18,405% dan Payback Period selama 12 Tahun. Berdasarkan nilai BCR > 1, NPV > 0, dan IRR > MARR maka dapat disimpulkan pembangunan Jalan Tol Layang A. P. Pettarani LAYAK dari aspek finansial.
Keywords : Biaya, Manfaat BOK, Analisis Kelayakan

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Mar 2022 05:44
Last Modified: 08 Mar 2022 05:44
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13870

Actions (login required)

View Item
View Item