ANALISIS PENGGUNAAN STATCOM UNTUK MEMPERBAIKI KESTABILAN TEGANGAN PADA SISTEM TENAGA LISTRIK DENGAN PLTB = ANALYSIS OF STATCOM TO IMPROVE VOLTAGE STABILITY IN THE ELECTRIC POWER SYSTEM WITH PLTB


Sartika, Sartika (2022) ANALISIS PENGGUNAAN STATCOM UNTUK MEMPERBAIKI KESTABILAN TEGANGAN PADA SISTEM TENAGA LISTRIK DENGAN PLTB = ANALYSIS OF STATCOM TO IMPROVE VOLTAGE STABILITY IN THE ELECTRIC POWER SYSTEM WITH PLTB. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D041171308_skripsi_20-01-2022 cover.png

Download (216kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D041171308_skripsi_20-01-2022 1-2.pdf

Download (8MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D041171308_skripsi_20-01-2022 dp.pdf

Download (632kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D041171308_skripsi_20-01-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract (Abstrak)

Pembangkit Listrik Tenaga Bayu adalah pembangkit listrik yang memanfaatkan energi angin untuk menghasilkan energi listrik. Tenaga bayu yang digunakan PLTB memiliki kecepatan yang tidak selamanya konstan. Kemungkinan terjadinya fluktuasi angin sangat besar. Hal ini dapat berpengaruh pada kestabilan sistem pada saat PLTB terinterkoneksi dengan sistem. Untuk menjaga tegangan pada sistem tetap normal, maka akan dibutuhkan suatu peralatan kompensasi daya reaktif untuk mengatasi jatuh tegangan yang akan terjadi pada sistem. Pada penelitian tugas akhir ini digunakan Static Synchronous Compensator (STATCOM) untuk mengatasi jatuh tegangan yang terjadi pada sistem. STATCOM dapat menghasilkan daya reaktif dan menyerap daya reaktif sesuai dengan kebutuhan sistem. Sistem yang digunakan dalam penelitian ini adalah sistem transmisi dari IEEE. Adapun untuk melakukan simulasi aliran daya dan pemasangan STATCOM dengan menggunakan metode Newton-Raphson. Simulasi yang dilakukan dengan 4 keadaan yang berbeda yaitu keadaan normal, lepas generator setelah terintegrasi dengan PLTB, kenaikan beban setelah terintegrasi dengan PLTB dan keadaan saat terjadi gangguan hubung singkat tiga fasa setelah terintegrasi dengan PLTB. Hasil simulasi sistem ketika generator lepas, kenaikan beban, dan gangguan hubung singkat tiga fasa setelah terintegrasi dengan PLTB terjadi jatuh tegangan pada beberapa bus namun setelah dilakukan simulasi penempatan STATCOM maka bus yang mengalami jatuh tegangan tersebut dapat stabil. Sehingga dari simulasi tersebut menunjukkan bahwa STATCOM dapat meningkatkan profil tegangan pada bus disekitarnya.
Kata Kunci: STATCOM, PLTB, kestabilan tegangan, IEEE dan sistem transmisi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Mar 2022 03:22
Last Modified: 08 Mar 2022 03:22
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13804

Actions (login required)

View Item
View Item