Sistem perawatan mesin penggerak kapal ikan berbasis keandalan = reliability-based fishing boat engine maintenance system


Uslarahmayana, Uslarahmayana (2022) Sistem perawatan mesin penggerak kapal ikan berbasis keandalan = reliability-based fishing boat engine maintenance system. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D33115009_skripsi_04-02-2022 cover.png

Download (150kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D33115009_skripsi_04-02-2022 1-2.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D33115009_skripsi_04-02-2022 dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D33115009_skripsi_04-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (9MB)

Abstract (Abstrak)

Perawatan dan perbaikan motor diesel penggerak kapal merupakan salah satu kegiatan rutin permesinan yang dilakukan untuk kelancaran dan keselamatan kapal dalam pelayaran, bilamana permesinan tersebut tidak mengalami kerusakan. Kerusakan mesin penggerak kapal ikan dikabupaten sinjai pada umumnya menggunakan mesin mobil jenis itshubishi yang layaknya digunakan didarat. Namun karna harga lebih murah jika dibandingkan dengan mesin khusus penggunaan dilaut (marine use), sehingga sangat rentan terhadap kerusakan komponen mesin akibat sistem pendingin dan pelumasan yang kurang sempurna, maka untuk mencegah kerusakan yang mungkin terjadi dibutuhkan perawatan rutin dan terjadwal. Berdasarkan data dan informasi diatas menunjukan bahwa jenis kerusakan pada mesin non marine terjadi karna beralih fungsi dari darat kelaut kenyataan ini, maka penulis tertarik meneliti berbagai kerusakan pada
penggunaan mesin penggerak kapal ikan.Keandalan didefenisikan sebagai probabilitas dari suatu item untuk dapat melaksanakan fungsi yang telah diterapkan, pada kondisi pengoperasian dan lingkungan tertentu untuk periode waktu yang ditentukan. Dari metode ini kita dapat
mengetahui bahwa kerusakan dari komponen sistem pendingin yang terdiri dari radiator, tutup radiator, kipas radiator pompa air, thermostat, upper hose lower hose, water temperatur sensor, resevoir tank, water dan water jacket itu memiliki interval waktu kerusakan sekitar 5 tahun dan
dilakukan perbaikan kembali setelah kerusakan memelukan interval waktu sekitar 10 tahun, Sedangkan pada metode kuantitatif ini dilakukan metode perhitungan nilai RBD (Reliability block diagram) yaitu untuk mengetahui besarnya nilai keandalan sistem pendingin secara keseluruhan
dan digambarkan Reliability block diagram yaitu dalam bentuk seri dan paralel.
Kata kunci : Mesin, Keandalan, Kapal Ikan, Perawatan, Sistem Pendingin

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 08 Mar 2022 03:01
Last Modified: 08 Mar 2022 03:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13781

Actions (login required)

View Item
View Item