KARAKTERISTIK PENYAKIT JANTUNG KORONER PADA KELOMPOK USIA < 45 TAHUN DI INSTALASI RAWAT JALAN PUSAT JANTUNG TERPADU RSUP DR.WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR PERIODE JANUARI - DESEMBER 2019


Yasir, Sella Alfina (2021) KARAKTERISTIK PENYAKIT JANTUNG KORONER PADA KELOMPOK USIA < 45 TAHUN DI INSTALASI RAWAT JALAN PUSAT JANTUNG TERPADU RSUP DR.WAHIDIN SUDIROHUSODO MAKASSAR PERIODE JANUARI - DESEMBER 2019. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
C011181415_skripsi cover.png

Download (240kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
C011181415_skripsi 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
C011181415_skripsi dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
C011181415_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Penyakit Jantung Koroner (PJK) tercatat sebagai penyakit kardiovaskuler dengan angka kematian tertinggi di Indonesia maupun di seluruh dunia. Penyakit Jantung Koroner disebabkan karena adanya kelainan pada pembuluh darah koroner jantung, sehingga alirah darah yang membawa oksigen serta nutrisi ke otot jantung terganggu yang akan mengakibatkan gangguan fungsi jantung dan dirasakan pasien sebagai nyeri dada secara mendadak hingga bisa berlangsung ke kematian bila tidak segera mendapat penanganan. Meskipun terdapat kemajuan besar dalam pengobatan PJK, angka kejadian terus saja meningkat setiap tahunnya.
Tujuan penelitian : Untuk mengetahui karakteristik pasien Penyakit Jantung Koroner pada kelompok usia < 45 tahun di Instalasi Rawat Jalan Pusat Jantung Terpadu RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo periode Januari – Desember 2019.
Metode Penelitian: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional menggunakan data sekunder yaitu rekam medik pasien Penyakit Jantung Koroner di Instalasi Rawat Jalan Pusat Jantung Terpadu RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo
Sampel Penelitian : Semua pasien Penyakit Jantung Koroner di Instalasi Rawat Jalan Pusat Jantung Terpadu RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo.
Hasil Penelitian : Terdapat 100 sampel dengan diagnosis Penyakit Jantung Koroner yang memenuhi kriteria. Karakteristik terbanyak pada pasien penyakit jantung koroner adalah pada usia kelompok 41 – 45 tahun (34%), berjenis kelamin laki-laki (65%), tidak memiliki Riwayat keluarga (84%), sebagai mantan perokok (32%), memiliki riwayat hipertensi sebelumnya (55%), dan tidak memiliki Riwayat diabetes melitus (69%).
Kesimpulan : Pasien Penyakit Jantung Koroner di Instalasi Rawat Jalan Pusat Jantung Terpadu RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo mayoritas laki-laki dan usia nya di antara 41-45 tahun, mantan perokok,memiliki Riwayat hipertensi, tapi tidak memiliki Riwayat keluarga dan Riwayat diabetes melitus
Kata kunci : Penyakit Jantung Koroner, Usia < 45 Tahun, Pusat Jantung Terpadu RSUP Dr. Wahidin Sudirohusodo

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 08 Mar 2022 02:36
Last Modified: 08 Mar 2022 02:36
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13770

Actions (login required)

View Item
View Item