METODE PENDIDIKAN KESEHATAN YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN SELF-CARE LANSIA DENGAN PENYAKIT CHRONIC HEART FAILURE : A SYSTEMATIC REVIEW


Mansyur, Sriyanti (2021) METODE PENDIDIKAN KESEHATAN YANG EFEKTIF UNTUK MENINGKATKAN SELF-CARE LANSIA DENGAN PENYAKIT CHRONIC HEART FAILURE : A SYSTEMATIC REVIEW. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
R012181017_tesis cover.png

Download (229kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
R012181017_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
R012181017_tesis dp.pdf

Download (846kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
R012181017_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2026.

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latarbelakang : Peringkat utama kematian lansia di seluruh dunia adalah gagal jantung. Pengetahuan terkait perawatan diri dapat meningkatkan kualitas hidup lansia. Berbagai review terdahulu tentang pendidikan kesehatan, namun masih terbatas yang membahas tentang berbagai metode pendidikan yang efektif untuk meningkatkan self-care lansia dengan CHF.
Tujuan : Mengidentifikasi metode pendidikan kesehatan yang efektif untuk meningkatkan self-care lansia dengan penyakit CHF.
Metode : Pencarian literatur dalam tinjauan sistematik ini dilakukan pada database Pubmed, Cochrane, Ebscohost, Proquest, DOAJ, Science direct dan Clinical Key. Artikel dibatasi yang terbit tahun 2015-2020 dan berbahasa inggris. Artikel yang memenuhi kriteria inklusi akan dinilai menggunakan Joanna Brigg's Institute, CEBM dan Cochrane of risk bias tools.
Hasil : Dari 8 studi yang kami review terdapat lima artikel yang menggunakan metode pendidikan individual disertai tindak lanjut telepon. Dua artikel dengan metode ceramah/pidato dan satu dengan metode tatap muka. Untuk durasi pendidikan ditemukan paling lama 3 jam dan paling singkat 30 menit. Sementara instrumen perilaku self-care menggunakan SCHFI dan EHFscB-9. Semua hasil yang dilaporkan menunjukkan peningkatan pada perilaku self-care lansia setelah diberikan pendidikan kesehatan.
Kesimpulan : Metode pendidikan individual disertai dukungan tindak lanjut telepon lebih efektif dibandingkan memberikan buku atau booklet, penjelasan singkat terkait penyakit dan saran terhadap kepatuhan pengobatan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 08 Mar 2022 02:19
Last Modified: 08 Mar 2022 02:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13754

Actions (login required)

View Item
View Item