Persepsi Mahasiswa Sastra terhadap Pembelajaran Daring melalui Aplikasi Zoom


Haryeni Tamin, - Persepsi Mahasiswa Sastra terhadap Pembelajaran Daring melalui Aplikasi Zoom. Jurnal Onoma: Pendidikan, Bahasa dan Sastra ISSN 2443-3667 (Print) PBSI FKIP Universitas Cokroaminoto Palopo ISSN 2715-4564 (Online Volume 7 Nomor 1 Tahun 2021.

[thumbnail of Artikel bu Eni_Persepsi Mahasiswa.pdf] Text
Artikel bu Eni_Persepsi Mahasiswa.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (843kB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring pada mata kuliah Sosiologi Sastra di Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin selama masa pandemi virus corona (COVID-19) melalui aplikasi Zoom. Persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring dibatasi pada aspek belajar mengajar, kapabilitas (kemampuan dosen), serta sarana dan prasarana. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kuantitatif. Populasi pada penelitian ini adalah seluruh mahasiswa sastra di Departemen Sastra Indonesia Fakultas Ilmu Budaya Universitas Hasanuddin. Sampel sebanyak 48 orang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling yang hanya berfokus pada mahasiswa yang sedang mengambil mata kuliah Sosiologi Sastra sejak diberlakukan pembelajaran daring karena pandemic COVID-19. Data dikumpulkan dengan menggunakan kuesioner secara daring melalui aplikasi google form dan wawancara mendalam kepada beberapa mahasiswa untuk mendapatkan informasi yang lebih mendetail. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis statistik dan deskriptif yang terdiri atas pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan simpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa persepsi mahasiswa terhadap pembelajaran daring melalui aplikasi Zoom pada mata kuliah Sosiologi Sastra bersifat positif, dengan rincian: data pada indikator 1, yakni: 14,6% (SS), 62,5% (S), 20,8% (TS), dan 4,2% (STS). Data indikator 2, yakni: 4,2% (SS), 60,4% (S), 35,4% (TS), dan 0% (STS). Data indikator 3, yakni: 22,9% (SS), 68,8% (S), 8,3% (TS), dan 0% (STS). Data indikator 4, yakni: 0% (SS), 47,9% (S), 52,1% (TS), dan 4,2% (STS). Data indikator 5, yakni: 47,9% (SS), 52,1% (S), 2,1% (TS), dan 0% (STS). Data indikator 6, yakni: 47,9% (SS), 52,1% (S), 2,1% (TS), dan 0% (STS). Data indikator 6, yakni: 47,9% (SS), 52,1% (S), 2,1% (TS), dan 0% (STS). Data indikator 7, yakni: 35,4% (SS), 64,6% (S), 0% (TS) dan (STS). Data indikator 8, yakni: 29,2% (SS), 66,7% (S), 10,4% (TS), 2,1% (STS). Data indikator 9, yakni: 29,2% (SS), 68,8% (S), 6,3% (TS), 0% (STS). Adapun data indikator 10, yakni: 4,2% (SS), 54,2% (S), 43,8% (TS), 10,4% (STS).

Item Type: Article
Subjects: P Language and Literature > PN Literature (General)
Depositing User: - Andi Anna
Date Deposited: 25 Feb 2022 08:17
Last Modified: 25 Feb 2022 08:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13746

Actions (login required)

View Item
View Item