Peluang Delta Lakkang sebagai Kawasan Strategis Wisata Budaya dan Konservasi Lingkungan Hidup = LAKKANG DELTA APPORTUNITY AS A STRATEGIC AREA OF CULTURAL TOURISM AND ENVIRONMENTAL CONSERVATION


Samma, Dwiyanto Kusuma (2022) Peluang Delta Lakkang sebagai Kawasan Strategis Wisata Budaya dan Konservasi Lingkungan Hidup = LAKKANG DELTA APPORTUNITY AS A STRATEGIC AREA OF CULTURAL TOURISM AND ENVIRONMENTAL CONSERVATION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D52116311_skripsi_18-01-2022 cover.png

Download (161kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D52116311_skripsi_18-01-2022 1-2.pdf

Download (754kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D52116311_skripsi_18-01-2022 dp.pdf

Download (158kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D52116311_skripsi_18-01-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (4MB)

Abstract (Abstrak)

Kawasan Delta Lakkang adalah salah satu kawasan di Kota Makassar yang memiliki potensi akan area sawah dan tambak yang luas. Selain itu Kawasan Delta Lakkang juga memiliki vegetasi berupa pohon bambu dan nipah yang cukup luas sehingga akan memberikan dampak terhadap keseimbangan alam dan ekosistemnya. Kawasan Delta Lakkang memiliki permukiman yang tidak begitu luas dan terpusat, serta memliki jumlah penduduk yang tidak begitu banyak dan laju pertumbuhan penduduk yang sangat rendah sehingga membuat kawasan ini sangat berpotensi sebagai kawasan konservasi lingkungan hidup agar tetap terjaga kelestariannya dan memberikan dampak bagi manusia dan alam sekitar. Kawasan Delta Lakkang juga memiliki potensi wisata budaya di mana potensi yang ada berupa 2 buah bunker peninggalan Jepang, seni tari pamanca, rumah panggung tradisional, bahasa daerah, makanan khas serta pola kehidupan sosial masyarkat yang masih tradisional. Wisata budaya juga didukung dengan Kawasan Delta Lakkang yang masih hijau dengan berbagai vegetasi serta kawasan tambak dan sawah yang luas sehingga suasana yang ada seperti suasana pedesaan. Penelitian ini bertujuan untuk melihat peluang Delta Lakkang sebagai wisata budaya dan konservasi lingkungan hidup. Metode pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui wawancara, observasi, dokumentasi, serta studi pustaka dengan metode analisis deskriptif kualitatif, analisis spasial dan foto mapping. Penelitian ini menghasilkan peluang Delta Lakkang sebagai kawasan wisata budaya dan konservasi lingkungan hidup ditinjau dari seberapa besar potensi yang ada telah dimanfaatkan, investasi yang telah dilakukan dan peraturan atau kebijakan pemerintah Kota Makassar terhadap pengembangan Delta Lakkang.
Keywords : Delta Lakkang, Wisata Budaya, Konservasi Lingkungan Hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > T Technology (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Mar 2022 07:34
Last Modified: 07 Mar 2022 07:34
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13722

Actions (login required)

View Item
View Item