PENGARUH METODE VIDEO LEARNING MULTIMEDIA TENTANG MENARCHE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWI KELAS V DALAM KESIAPAN MENGHADAPI MENARCHE


Umrah, Sitti (2020) PENGARUH METODE VIDEO LEARNING MULTIMEDIA TENTANG MENARCHE TERHADAP PENGETAHUAN DAN SIKAP SISWI KELAS V DALAM KESIAPAN MENGHADAPI MENARCHE. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
P102181029_tesis cover1.png

Download (146kB) | Preview
[thumbnail of BAB I & II] Text (BAB I & II)
P102181029_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Daftar Pustaka] Text (Daftar Pustaka)
P102181029_tesis dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
P102181029_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

SITTI UMRAH. Pengaruh media video learning multimedia tentang menarche terhadap pengetahuan dan sikap siswi kelas V dalam kesiapan menghadapi menarche (dibimbing oleh Sri Ramadhany dan Muhammad Tamar)
Peneltian ini bertujuan mengidentifiksi pengaruh media video learning multimedia terhadap pengwtahuan dan sikap siswi kelas v dalam kesiapan menghadapi menarche.
penelitian ini merupakan penelitian quasi ekperimen dengan nonequivalent control grup design. Sampel yang dipilih secara purposif sampling. Intervensi diberikan sebanyak dua kali. Penelitian dilakukan di SD Inpres Tamalanrea I dan SD Inpres Tamalanrea IV pada bulan februari 2020. Data dikumpulkan melalui pre-test dan post-test dengan menggunakan koesioner. Data tersebut dianalisis dengan uji statistik menggunakan uji wilcoxon.
Hasil berdasarkan uji statitik menunjukkan p-value yang didapatkan pada varibel pengetahuan dan sikap baik kelompok kontrol maupun kelompok intevensi p-value <0.05 namun perubahan signifikan cenderung pada kelompok interveni. Ada perbeaan pengetahuan dan sikap pre dan post pada kelompok kontrol dengan mtode ceramah dan kelompok inervensi dengan metode video learning multimedia. media video lerning multimedia efktif dalam pemberian edukasi kesehatan eproduksi karena mampu meningkatkan daya tangkap siswi dalam memahami pembelajaran.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: L Education > L Education (General)
L Education > LB Theory and practice of education
L Education > LB Theory and practice of education > LB1603 Secondary Education. High schools
L Education > LC Special aspects of education
Divisions (Program Studi): Program Pascasarjana > Ilmu Kebidanan
Depositing User: wahyuni aras
Date Deposited: 17 Dec 2020 03:42
Last Modified: 06 Nov 2024 04:47
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/1371

Actions (login required)

View Item
View Item