Analisis Korelasi Unsur dan Senyawa Mayor dan Minor pada Endapan Nikel Laterit Berdasarkan Kemiringan Lereng dan Implikasinya Terhadap Sebaran Kadar Ni, Fe dan Co = Correlation Analysis of Major and Minor Elements and Compounds in Laterite Nickel Deposits Based on Slope and Its Implications on the Distribution of Grade Ni, Fe and Co


Kadri, Kosim Al (2022) Analisis Korelasi Unsur dan Senyawa Mayor dan Minor pada Endapan Nikel Laterit Berdasarkan Kemiringan Lereng dan Implikasinya Terhadap Sebaran Kadar Ni, Fe dan Co = Correlation Analysis of Major and Minor Elements and Compounds in Laterite Nickel Deposits Based on Slope and Its Implications on the Distribution of Grade Ni, Fe and Co. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D111171308_skripsi_18-01-2022 cover.png

Download (110kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D111171308_skripsi_18-01-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D111171308_skripsi_18-01-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D111171308_skripsi_18-01-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Nikel laterit adalah produk residual pelapukan kimia pada batuan ultramafik. Proses ini dipengaruhi oleh kemiringan lereng yang merupakan salah satu faktor pembentukan endapan nikel laterit. Kegiatan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kemiringan lereng terhadap ketebalan endapan nikel laterit, perilaku kadar Ni, Fe dan Co terhadap kedalaman endapan nikel laterit dan korelasi unsur dan senyawa mayor dan minor terhadap unsur Ni, Fe dan Co dengan nilai koefisien korelasi sangat kuat (0,80-1,00) baik negatif maupun positif yang terdistribusi pada profil endapan nikel laterit di keseluruhan tipe kemiringan lereng dengan menggunakan analisis korelasi. Analisis pengaruh kemiringan lereng dilakukan dengan dua sudut pandang data yaitu peta kemiringan lereng data collar dan Shuttle Radar Topography Mission (SRTM). Hasil analisis ketebalan endapan nikel laterit di daerah penelitian menunjukkan semakin meningkatnya derajat kemiringan lereng atau tipe kemiringan lereng akan menyebabkan penurunan ketebalan zona limonit dan saprolit. Sebagai unsur non-mobile Fe dan Co memiliki nilai koefisien korelasi sebesar 0,1-0,4 dengan arah hubungan yang negatif. Sedangkan unsur Ni mengalami perubahan arah hubungan dari positif ke negatif. Sehingga kadar unsur Ni, Fe dan Co akan mengalami penurunan seiring bertambahnya kedalaman endapan nikel laterit. Adapun secara keseluruhan kadar tinggi Ni, Fe dan Co terletak pada kemiringan lereng tipe I dengan unsur dan senyawa yang berpotensi untuk berkorelasi dengan unsur Ni, Fe dan Co adalah SiO2, MgO, MnO dan Cr2O3.
Keywords : Endapan nikel laterit, kemiringan lereng, mayor dan minor, analisis korelasi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TN Mining engineering. Metallurgy
Divisions (Program Studi): Fakultas Ekonomi > Ekonomi Sumberdaya
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Mar 2022 06:07
Last Modified: 07 Mar 2022 06:07
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13679

Actions (login required)

View Item
View Item