Faktor Internal dan Eksternal dalam Transformasi Kebijakan Melanesian Spearhead Group terhadap Masalah Papua = Internal and External Factors in the Transformation of the Melanesian Spearhead Group Policy on the Problem of Papua


Saputra, Andi Wira Eko (2022) Faktor Internal dan Eksternal dalam Transformasi Kebijakan Melanesian Spearhead Group terhadap Masalah Papua = Internal and External Factors in the Transformation of the Melanesian Spearhead Group Policy on the Problem of Papua. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E13115304_skripsi cover.png

Download (212kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E13115304_skripsi 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E13115304_skripsi dp.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E13115304_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Di tahun 2015 ULMWP mengajukan diri sebagai anggota penuh di MSG dan hanya memberi status sebagai anggota peninjau kepada ULMWP, tetapi anggota asosiasi kepada Indonesia. Melanesian Spearhead Group merupakan organisasi sub-regional kawasan Melanesia yang terbentuk atas solidaritas sesama negara ras Melanesian dengan semangat anti-kolonialisme dan Melanesian Ways. MSG juga memberi dukungan dan pengawalan kepada Masyarakat Kanak agar dapat merdeka dari kolonialisme Prancis. Namun, MSG tidak memberi perlakuan yang sama kepada masyarakat Papua Barat yang juga mengalami pelanggaran HAM oleh Militer Indonesia dan usahanya untuk memisahkan diri dari Indonesia. Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan faktor internal dan eksternal dalam transformasi kebijakan Melanesian Spearhead Group terhadap masalah Papua.
Tipe penelitian yang dilakukan dalam penelitian ini ialah tipe kualitatif. Jenis data yang digunakan dalam penelitian ini yakni data sekunder. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu telaah pustaka (Library Research). Teknik analisis data yang akan digunakan dalam penelitian ini yakni analisis data kualitatif. Metode penulisan yang digunakan oleh peneliti ialah metode deduktif. Konsep yang digunakan ialah konsep organisasi internasional dan konsep gerakan separatis.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah faktor internal dalam transformasi kebijakan MSG terhadap masalah Papua diantaranya adalah adanya benturan prinsip dan norma kedaulatan negara dan hak penentuan nasib sendiri dalam MSG, polarisasi anggota MSG terhadap masalah Papua, serta kebutuhan MSG terhadap kontribusi Indonesia di kawasan Melanesia. Adapun faktor eksternal dalam transformasi kebijakan MSG terhadap masalah Papua yaitu diplomasi multisektor yang dilakukan oleh Indonesia di kawasan Melanesia, yaitu diplomasi pada sektor ekonomi, budaya, dan politik. Serta dukungan aktor eksternal terhadap kedaulatan Indonesia. Aktor yang dimaksud adalah Australia dan Republik Rakyat Tiongkok.
Keywords : Melanesian Spearhead Group (MSG), Transformasi Kebijakan, Papua

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 07 Mar 2022 01:29
Last Modified: 07 Mar 2022 01:29
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13651

Actions (login required)

View Item
View Item