Studi Karakteristik Tingkat Kebisingan di Jalan Tol Makassar = Study of Noise Level Characteristics on the Makassar Toll Road


Angreni, Angreni (2022) Studi Karakteristik Tingkat Kebisingan di Jalan Tol Makassar = Study of Noise Level Characteristics on the Makassar Toll Road. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
D131171005_skripsi_27-01-2022 cover.png

Download (160kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
D131171005_skripsi_27-01-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
D131171005_skripsi_27-01-2022 dp.pdf

Download (5MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
D131171005_skripsi_27-01-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (7MB)

Abstract (Abstrak)

Salah satu sarana yang dapat memperlancar lalu lintas dan mobilitas kendaraan di suatu daerah adalah jalan tol. Jalan tol adalah jalan umum yang merupakan bagian sistem jaringan jalan dan sebagai jalan nasioanal yang penggunanya diwajibkan untuk membayar tol yang nantinya dana tersebut
digunakan untuk pengembalian investasi, pemeliharaan, dan pengembangan jalan tol. Keberadaan jalan tol diperkirakan dapat menimbulkan dampak yaitu tingkat kebisingan tinggi. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis karakteristik tingkat kebisingan dan tingkat kebisingan di Jalan Tol Makassar. Dalam penelitian ini, jumlah titik pengamatan penelitian sebanyak 9 titik. Pengambilan data menggunkana alat Sound Level Meter Tenmars 103 dilakukan selama 10 menit
untuk mewakili tiap jam yang dimulai dari pukul 07.00-18.00 WITA. Kemudian data tersebut diolah dengan analisis perhitungan LAeq dan Uji Paired Samples T�Test menggunakan program SPSS. Karakteristik kebisingan di Jalan Tol Makassar pada semua titik pengamatan berbeda-beda. Tiap titik pengamatan memiliki perbedaan fungsi jalan dan guna
lahan disekitarnya sehingga volume lalu lintas, kecepatan kendaraan, dan jumlah klaksonnya berbeda-beda. Hasil Uji Paired Samples T-Test menunjukkan hubungan data tingkat kebisingan antara pagi hari dan siang hari, siang hari dan
sore hari, serta pagi hari dan sore hari sama secara statistik.
Hasil analisis tingkat kebisingan menunjukkan bahwa nilai tingkat kebisingan equivalen harian (LAeq day) di Jalan Tol Makassar untuk 9 titik pengamatan telah melampaui baku mutu tingkat kebisingan yang telah dipersyaratkan oleh KepMen�LH No. 48 Tahun 1996 untuk kawasan pendidikan, perumahan dan pemukiman, serta perdagangan dan jasa yaitu 55 dB dan 70 dB. Nilai LAeq day maksimum berada pada titik pengamatan T6 sebesar 80,8 dB dan nilai LAeq day minimum berada pada titik pengamatan T9 sebesar 76,8 dB. Selain itu, dilakukan juga
perbandingan hasil pengukuran dengan batasan teknis kapasitas lingkungan jalan yang tercantum dalam pedoman PU No. 13 Tahun 2003 mengenai batas maksimum dan minimum nilai Leq10 dan LAeq.
Keywords : Kebisingan, Tol Makassar, SPSS, Sound Level Meter Tenmars 103
Keywords : Kebisingan, Tol Makassar, SPSS, Sound Level Meter Tenmars 103

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: T Technology > TA Engineering (General). Civil engineering (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 02 Mar 2022 00:50
Last Modified: 02 Mar 2022 00:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13629

Actions (login required)

View Item
View Item