Analisis perbedaan kemampuan komunikasi kepala ruangan sebelum dan sesudah Program Leader as Coach (PLC) dari perspektif perawat pelaksana di RSUD Polewali Mandar


Latif, Abdul (2021) Analisis perbedaan kemampuan komunikasi kepala ruangan sebelum dan sesudah Program Leader as Coach (PLC) dari perspektif perawat pelaksana di RSUD Polewali Mandar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
C012171057_tesis cover.png

Download (182kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
C012171057_tesis 1-2.pdf

Download (978kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
C012171057_tesis dp.pdf

Download (3MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
C012171057_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (6MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi kepala ruangan sebelum dan sesudah Program Leader as Coach (PLC) dari perspektif perawat pelaksana dan melihat manfaat yang dirasakan oleh perawat pelaksana sesudah kepala ruangan mengikuti PLC.
Penelitian ini menggunakan metode campuran melalui penggunaan desain eksplanatori. Sampel penelitian ini berjumlah 57 orang perawat pelaksana. Penentuan sampel menggunakan teknik penyampelan total. Kuesioner yang digunakan adalah kuesioner kemampuan komunikasi kepala ruangan sebagai hasil pengembangan dari kuesioner Cardoso tentang persepsi perawat pelaksana terhadap kepemimpinan. Data dianalisis menggunakan uji Wilcoxon untuk mengetahui perbedaan kemampuan komunikasi kepala ruangan sebelum dan sesudah PLC.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan kemampuan komunikasi kepala ruangan sebelum dan sesudah PLC dengan nilai p = 0,000. PLC dinilai mampu meningkatkan komunikasi kepala ruangan dan bermanfaat bagi perawat pelaksana dari sisi profesional, kepercayaan diri, ramah dan produktif serta merasakan kenyamanan.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Keperawatan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 01 Mar 2022 01:27
Last Modified: 01 Mar 2022 01:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13618

Actions (login required)

View Item
View Item