FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN MINUM OBAT PADA LANSIA : LITERATURE REVIEW


Angraini, Fatima (2020) FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI KEPATUHAN MINUM OBAT PADA LANSIA : LITERATURE REVIEW. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
C12116330_skripsi cover.png

Download (217kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
C12116330_skripsi 1-2.pdf

Download (668kB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
C12116330_skripsi dp.pdf

Download (357kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
C12116330_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (858kB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang : Lansia yang mengonsumsi obat-obatan adalah sebuah tantangan di dunia kesehatan, hal ini berhubungan dengan banyaknya jenis obat yang dikonsumsi, perubahan faktor usia yang berpengaruh pada farmakokinetik dan farmakoterapeutik, serta peningkatan risiko pada reaksi buruk dari obat. Dalam sebuah penelitian ditemukan bahwa tingkat angka kejadian ketidakpatuhan minum obat pada lansia penderita Hipertensi di Posyandu Lansia Puskesmas Lempake Samarinda berjumlah 33 lansia (53,2%), dan begitu juga di beberapa penelitian lain. Didalam penelitian lain ditemukan bahwa lansia yang patuh minum obat di Puskesmas Ranomuut kota Manado sebanyak 31 responden (77,5%). Hal ini menunjukkan tingkat kepatuhan minum obat pada lansia khususnya di Indonesia bervariasi, tergantung pada faktor-faktor tertentu.
Tujuan : studi ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan minum obat pada lansia
Metode : Rancangan yang digunakan untuk studi ilmiah ini adalah Literature Review. Literature Review adalah pencarian artikel-artikel baik internasional maupun nasional dengan topik yang sama dan menggunakan database seperti PubMed, ProQuest, Science Direct, PERPUSNAS dan Google Scholar.
Hasil : Artikel yang di-review di studi adalah sebanyak 13 arikel. Pada bagian faktor-faktor yang mempengaruhi kepatuhan minum obat, artikel yang menemukan tentang dukungan sosial adalah sebanyak 4 artikel, artikel yang menemukan tentang biologis/fisiologis adalah sebanyak 4 artikel, artikel yang menemukan tentang pelayanan kesehatan adalah sebanyak 6 artikel dan yang menemukan tentang kognitif adalah sebanyak 3 artikel. Adapun pada temuan tambahan yaitu penyakit komorbiditas dibahas oleh 1 artikel.
Kesimpulan dan saran : Artikel yang di-review di studi ini adalah sebanyak 13 arikel. Faktor-faktor yang mempengaruhi dikategorikan menjadi dukungan sosial, biologis/fisiologis, pelayanan kesehatan dan kognitif. Adapun faktor-faktor yang tidak mempengaruhi adalah demografi dan sosioekonomi, Serta temuan tambahan adalah penyakit komorbiditas.
Kata Kunci: Kepatuhan, minum obat, pengobatan, lansia
Sumber referensi : 2009-2019

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Keperawatan > Keperawatan
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 01 Mar 2022 01:27
Last Modified: 01 Mar 2022 01:27
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13617

Actions (login required)

View Item
View Item