TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA ANGKATAN 2018 MENGENAI AMERICAN SOCIETY OF ANESTHESIOLOGIST PHYSICAL STATUS (ASAPS) CLASSIFICATION


Tangkearung, Geofray Boby (2021) TINGKAT PENGETAHUAN MAHASISWA ANGKATAN 2018 MENGENAI AMERICAN SOCIETY OF ANESTHESIOLOGIST PHYSICAL STATUS (ASAPS) CLASSIFICATION. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
C011181434_skripsi cover.png

Download (248kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
C011181434_skripsi 1-2.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
C011181434_skripsi dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
C011181434_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Berbagai modalitas terapi kini sudah tersedia salah satunya tindakan bedah. Tindakan bedah memegang perananan penting di dunia kesehatan terkait fungsinya dalam mengatasi berbagai masalah. World Health Organization (WHO) dan World Bank telah menyoroti pembedahan sebagai komponen penting dalam membangun kesehatan global. Mengingat tingginya frekuensi tindakan bedah dilakukan, maka diperlukan berbagai aspek pendukung untuk mencapai hasil yang maksimal, salah satunya adalah prosedur evaluasi pra-bedah yang sangat menentukan kondisi perioperative dan postoperative pasien. Risiko tindakan anestesi sangat dipengaruhi oleh kondisi kesehatan pasien, pengobatan, terapi alternatif, tindakan bedah dan prosedur lainnya, serta teknik anestesi. Selain informasi-informasi yang telah disebutkan di atas, hal yang tidak kalah penting untuk dievaluasi sebelum tindakan bedah dan pemberian anestesi dilakukan adalah penilaian terhadap kondisi fisik pasien. Sistem yang sangat umum digunakan dalam menentukan kondisi fisik pasien adalah klasifikasi American Society of Anesthesiologists Physical Status (ASAPS).

Tujuan: Mengetahui tingkat pengetahuan mahasiswa Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin angakatan 2018 mengenai penilaian status fisik pra-anestesi dengan klasifikasi American Society of Anesthesiologists Physical Status (ASAPS).

Metode: Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif dengan menggunakan kuesioner yang telah divalidasi. Penelitian ini dilakukan dengan metode cross sectional dan menggunakan teknik consecutive sampling. Minimal sampel yang dibutuhkan adalah 76 sampel.
Hasil: Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan pada mahasiswa pendidikan dokter Fakultas Kedokteran Universitas Hasanuddin angkatan 2018, diperoleh 93 responden yang sebagian besar berada pada kategori cukup (55,91%)
Kesimpulan: Edukasi akan mempengaruhi pengetahuan mahasiswa mengenai pentingnya menilai status fisik menggunakan American Society of Anesthesiologists Physical Status (ASAPS) Classification sebelum dilakukan tindakan bedah pada pasien.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > R Medicine (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Kedokteran > Pendidikan Dokter
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 01 Mar 2022 01:19
Last Modified: 01 Mar 2022 01:19
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13614

Actions (login required)

View Item
View Item