Pengembangan Materi CALL Terintegrasi Karya Sastra untuk Program Intensive Bahasa Asing di UIN Alauddin Makassar = Developing Literature-integrated CALL Materials for the Intensive Foreign Language Program at Alauddin State Islamic University Makassar


Rofikah, Ummu (2022) Pengembangan Materi CALL Terintegrasi Karya Sastra untuk Program Intensive Bahasa Asing di UIN Alauddin Makassar = Developing Literature-integrated CALL Materials for the Intensive Foreign Language Program at Alauddin State Islamic University Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F022192004_tesis_18-02-2022 cover.png

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F022192004_tesis_18-02-2022 1-2.pdf

Download (746kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F022192004_tesis_18-02-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F022192004_tesis_18-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (3MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan prototipe bahan ajar yang kompatibel dengan pembelajaran Bahasa Inggris daring pada Program Intensif Bahasa Asing (PIBA) di Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar, yaitu materi Pembelajaran Bahasa Berbantuan Komputer (CALL) terintegrasi karya sastra.
Penelitian Pengembangan ini menggunakan model IDOL. 73 responden terlibat, termasuk 53 mahasiswa, 10 dosen, dan 10 alumni. Tanggapan mereka diperoleh dengan menggunakan kuesioner analisis kebutuhan, wawancara, dan daftar periksa evaluasi. Data statistik diolah dengan analisis frekuensi sedangkan data kualitatif dianalisis dengan metode kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.
Studi ini menghasilkan tiga bentuk temuan yaitu, inventaris kebutuhan (informasi tentang kebutuhan siswa dalam belajar bahasa Inggris di platform daring), silabus untuk pembelajaran daring, dan prototipe materi CALL terintegrasi karya sastra. Silabus dan prototipe materi yang dikembangkan dapat digunakan dalam pengajaran bahasa Inggris di PIBA atau program serupa lainnya baik sebagai materi dasar maupun sekunder. Inventaris kebutuhan dapat digunakan sebagai dasar untuk meningkatkan program PIBA. Selain itu, penggunaan karya sastra dapat menginspirasi pendidik dan perancang materi lainnya bahwa karya sastra sangat potensial untuk tujuan pengajaran bahasa Inggris. Namun keterbatasan penelitian ini terletak pada evaluasinya yang dibatasi pada evaluasi pra-penggunaan saja.
Kata Kunci: pengembangan materi, materi CALL, karya sastra.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > PR English literature
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Feb 2022 07:50
Last Modified: 23 Feb 2022 07:50
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13584

Actions (login required)

View Item
View Item