FUNGSI PENGAWASAN KETENAGAKERJAAN TERHADAP PEKERJA ANAK DI PERUSAHAAN SWASTA


Fenanlabir, Nikodemus (2020) FUNGSI PENGAWASAN KETENAGAKERJAAN TERHADAP PEKERJA ANAK DI PERUSAHAAN SWASTA. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
P0903216020_tesis cover.png

Download (226kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
P0903216020_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
P0903216020_tesis dp.pdf

Download (36kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
P0903216020_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only until 1 January 2027.

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengawasan ketenagakerjaan terhadap pekerja anak di perusahaan swasta di Kabupaten Manokwari, dan menganalisis bentuk perlindungan hukum terhadap pekerja anak di perusahaan swasta di Kabupaten Manokwari.
Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian hukum normatif dengan pendekatan perundang-undangan, bahan hukum yang digunakan adalah bahan hukum primer dan bahan hukum sekunder yang dikumpulkan melalui penelusuran literatur dan studi dokumen. Data yang terkumpul kemudian dianalisis secara kualitatif, kemudian di deskripsikan agar permasalahan yang dibahas dalam tesis ini dapat terjawab dengan baik.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Di sektor formal, terdapat pelaku usaha yang mempekerjakan anak khususnya dibidang perhotelan, adapun anak-anak yang menjadi pekerja di sektor informal, seperti pekerja di Bengkel (kategori kecil), Buruh Bangunan Harian, dan ikut bekerja pada pedagang-pedagang di Pasar. Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Manokwari tetap menjalankan pengawasan guna dapat memastikan bahwa tidak ada 1 (satu) perusahaan-pun yang melanggar larangan terkait prasyarat untuk mempekerjakan tenaga kerja usia anak, pengawasan dimaksud dalam bentuk (1) perencanaan, (2) pelaksanaan, dan (3) pelaporan. (ii) Dinas Tenaga Kerja Kabupaten Manokwari bekerjasama dengan Dinas Sosial Kabupaten Manokwari memberikan perlindungan hukum dalam 2 (dua) bentuk terhadap anak-anak yang dipekerjakan, yakni (1) perlindungan hukum preventif dan (2) perlindungan hukum represif.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 23 Feb 2022 05:37
Last Modified: 23 Feb 2022 05:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13559

Actions (login required)

View Item
View Item