KONTRIBUSI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) PADA PENDAPATAN ASLI DESA DI DESA KULO KECAMATAN KULO KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG = The Contribution of Village Owned Enterprises (BUMDes) to Village Original Income in Kulo Village, Kulo Sub-district, Sidenreng Rappang Regency


Suryana, Suryana (2022) KONTRIBUSI BADAN USAHA MILIK DESA (BUMDes) PADA PENDAPATAN ASLI DESA DI DESA KULO KECAMATAN KULO KABUPATEN SIDENRENG RAPPANG = The Contribution of Village Owned Enterprises (BUMDes) to Village Original Income in Kulo Village, Kulo Sub-district, Sidenreng Rappang Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051171513_skripsi_17-02-2022 cover.png

Download (207kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051171513_skripsi_17-02-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051171513_skripsi_17-02-2022 dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full text] Text (Full text)
E051171513_skripsi_17-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

SURYANA, Nomor Induk Mahasiswa E051171513, Program Studii Ilmu Pemerintahan, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Hasanuddin, Menyusun Skripsi yang berjudul “Kontribusi Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) Pada Pendapatan Asli Desa Di Desa Kulo kecamatan Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang”, dibawah bimbingan Oleh Bapak Prof. Dr. H. Rasyid Thaha., M.Si sebagai pembimbing Utama dan Dr. H. Suhardiman Syamsu, M.Si sebagai Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui kontribusi Badan usaha milik desa pada pendapatan asli desa di Desa Kulo Kecamatan Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kontribusi BUMDes pada pendapatan Asli Desa yang berfokus pada upaya yang dilakukan BUMDes untuk meningkatkan Kontribusinya pada Pendapatan Asli Desa melaui usaha intensifikasi, ekstentifikasi dan Diversifikasi.
Tipe penelitian yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dan jenis penelitian studi kasus. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, Studi kepustakaan, dan Dokumen. Data Dianalisa melalui tahapan reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan yang memberikan gambaran secara jelas dan faktual mengenai upaya yang di lakukan BUMDes untuk Meningkatkan Kontribusinya pada Pendapatan Asli Desa di Desa Kulo Kecamatan Kulo Kabupaten Sidenreng Rappang.
Adapun hasil dari penelitian menunjukkan bahwa untuk dapat meningkatkan kontribusinya pada pendapatan asli Desa maka BUMDes Kulo Jaya mengembangkan usaha BUMDes dengan Meningkatkan pelayanan, membuka usaha baru, menambah jenis produk, serta membangun kemitraan dengan pihak pihak yang terkait. Dimana hal ini akan berdampak pada kemajuan Badan Usaha dan kontribusinya pada pendaptan Asli Desa.
Keywords : Badan Usaha Milik Desa (BUMDes), Pendapatan Asli Desa (PADes)

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:49
Last Modified: 23 Feb 2022 03:49
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13541

Actions (login required)

View Item
View Item