“Pangoje’ Seko” (Studi Etnografi Tukang ojek di Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara) = "Pangoje' Seko" (Ethnographic Study of Motorcycle Taxi Drivers in Seko Subdistrict, North Luwu Regency)


Alamzah, Diman (2022) “Pangoje’ Seko” (Studi Etnografi Tukang ojek di Kecamatan Seko, Kabupaten Luwu Utara) = "Pangoje' Seko" (Ethnographic Study of Motorcycle Taxi Drivers in Seko Subdistrict, North Luwu Regency). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E51115307_skripsi_04-02-2022 cover.png

Download (137kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E51115307_skripsi_04-02-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E51115307_skripsi_04-02-2022 dp.pdf

Download (317kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E51115307_skripsi_04-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini mengkaji tentang aktivitas yang dilakukan pangoje’ Seko sebagai usaha transportasi, yang meliputi, pangoje’ memaknai pekerjaannya, sistem pengetahuan pangoje’ terkait dengan pekerjaannya, serta strategi-strategi mengatasi hambatan-hambatan dalam pekerjaannya.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif, dengan metode penulisan etnografi, adapun teknik pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan teknik observasi langsung dan wawancara mendalam atau in depth interview.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa beratnya pekerjaan yang dilakukan, pangoje’ memiliki alasannya tersendiri untuk tetap berjuang, bersabar, serta tetap bertahan melakukan aktivitasnya, hal ini berkaitan dengan cara pangoje’ Seko memaknai pekerjaannya sendiri. Pangoje’ Seko memiliki sistem-sistem pengetahuan yang berkaitan dengan pekerjaannya, untuk menunjang dalam melakukan aktivitasnya, pengetahuan tersebut harus di miliki oleh setiap orang yang melakukan pekerjaan sebagai pangoje’ seko dikarenakan mereka akan berhadapan langsung dengan medan yang menjadi tantangan utama dalam aktivitasnya.
Pangoje’ seko melakukan aktivitas dalam penelitian ini tidaklah mudah, terdapat hambatan-hambatan yang dialami pangoje’ seko dalam melakukan aktivitasnya, terkait hambatan yang dialami, dalam mengatasi hambatan tersebut sangat erat kaitannya dengan pengetahuan yang dimiliki pangoje’ seko, sebab pengetahuan tersebut merujuk pada sistem-sistem dan strategi yang digunakan pada aktivitas yang dilakukan. Oleh karena itu pengetahuan yang dimiliki sangat berpengaruh terhadap aktivitas yang dilakukan para pangoje’ seko agar perjalanan tetap lancar dan selamat sampai ketujuan.
Kata Kunci : Tukang ojek, Pemaknaan, Pengetahuan, Strategi

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: H Social Sciences > H Social Sciences (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 23 Feb 2022 03:42
Last Modified: 23 Feb 2022 03:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13532

Actions (login required)

View Item
View Item