INTERVENSI UNTUK MENGURANGI DAMPAK PERILAKU BULLYING PADA PERAWAT: A SYSTEMATIC REVIEW = INTERVENTIONS TO REDUCE THE IMPACT OF BULLYING BEHAVIOR ON NURSES: A SYSTEMATIC REVIEW


Tini, Tini (2022) INTERVENSI UNTUK MENGURANGI DAMPAK PERILAKU BULLYING PADA PERAWAT: A SYSTEMATIC REVIEW = INTERVENTIONS TO REDUCE THE IMPACT OF BULLYING BEHAVIOR ON NURSES: A SYSTEMATIC REVIEW. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R012181005_tesis cover.png

Download (285kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R012181005_tesis 1-2.pdf

Download (733kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R012181005_tesis dp.pdf

Download (785kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R012181005_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Perilaku bullying pada perawat merupakan masalah yang serius dalam profesi keperawatan dan sering terjadi ditempat kerja. Perilaku bullying pada perawat sangat penting untuk diminimalisir. Studi perilaku bullying pada perawat sudah pernah dilakukan diantaranya efektifitas program untuk mencegah bullying dan kekerasan serta intervensi untuk pencegahan bullying ditempat kerja. Namun belum ada review tentang intervensi untuk mengurangi dampak perilaku bullying pada perawat.
Tujuan: Mengidentifikasi intervensi yang efektif untuk mengurangi dampak perilaku bullying pada perawat.
Metode: Systematic review dengan menggunakan tahapan studi berdasarkan PRISMA checklist 2009, dan pencarian artikel berbasis bukti melalui database: PubMed, Proquest, Scopus, Cochrane Library, EBSCO host dan Garuda. Kami mengidentifikasi 518 artikel yang diterbitkan dari tahun 2010-2020. Kami mengeluarkan artikel karena judul abstrak tidak sesuai dengan pertanyaan penelitian 480 artikel, duplikat 20 artikel, abstrak 4 artikel dan tidak sesuai dengan outcome yang diharapkan 7 artikel sehingga ulasan ini menggunakan 7 artikel sebagai referensi utama.
Hasil: 7 artikel memenuhi kriteria inklusi dan di review. Semua artikel membahas tentang intervensi untuk mengurangi dampak perilaku bullying pada perawat. Terdapat 2 artikel yang membahas tentang intervensi latihan kognitif, 3 artikel tentang pendidikan, 1 artikel tentang latihan manajemen perilaku dan 1 artikel tentang intervensi latihan ketegasan.
Kesimpulan: Ada empat intervensi yang teridentifikasi yang dapat mengurangi dampak perilaku bullying pada perawat yaitu intervensi latihan kognitif, pendidikan, manajemen perilaku, dan latihan ketegasan.
Keywords : Perawat, Intervensi bullying, Dampak Bullying

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:09
Last Modified: 21 Feb 2022 02:09
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13504

Actions (login required)

View Item
View Item