TINDAKAN KEPERAWATAN YANG BERISIKO MENINGKATKAN TEKANAN INTRAKRANIAL PADA PASIEN NEUROLOGI: AN INTEGRATIVE REVIEW = NURSING ACTIONS THAT RISKS OF INCREASING INTRACRANIAL PRESSURE IN NEUROLOGICAL PATIENTS: AN INTEGRATIVE REVIEW


Juril, Juril (2022) TINDAKAN KEPERAWATAN YANG BERISIKO MENINGKATKAN TEKANAN INTRAKRANIAL PADA PASIEN NEUROLOGI: AN INTEGRATIVE REVIEW = NURSING ACTIONS THAT RISKS OF INCREASING INTRACRANIAL PRESSURE IN NEUROLOGICAL PATIENTS: AN INTEGRATIVE REVIEW. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R012181004_tesis cover.png

Download (232kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R012181004_tesis 1-2.pdf

Download (807kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R012181004_tesis dp.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R012181004_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Peningkatan Tekanan Intrakranial (TIK) merupakan masalah umum pada penyakit neurologis. Peningkatan TIK disebabkan oleh cedera kepala, tumor otak, stroke, perdarahan intraserebral non traumatik (ruptur aneurisma), hidrosefalus, dan meningitis. Selain itu, stimulus dari tindakan keperawatan juga berisiko menyebabkan terjadinya peningkatan TIK. Telah ada beberapa penelitian sebelumya yang membahas tentang pengaruh intervensi keperawatan terhadap TIK pasien neurologi, namun masih terfragmentasi

Tujuan: Mengidentifikasi tindakan keperawatan yang berisiko meningkatkan TIK pada pasien neurologi dan menjelaskan mekanismenya.

Metode: Pencarian literatur menggunakan database elektronik: PubMed, Wiley, Ebscohost, dan cochrane, serta pencarian Grey Literatur yang diterbitkan dalam bahasa inggris. Kami mengidentifikasi 422 artikel yang diterbitkan dari tahun 2010-2020, selanjutnya mengeluarkan 19 artikel yang duplikat, 384 artikel yang tidak sesuai dengan pertanyaan penelitian, 3 artikel yang tidak full text, 2 artikel karena bukan populasi manusia, dan 3 artikel yang tidak sesuai hasil penelitian, sehingga tersisa 12 artikel yang dimasukan dalam analisis sebagai referensi utama.

Hasil: 12 artikel memenuhi kriteria inklusi dan direview. Semua artikel membahas tentang intervensi keperawatan dan pengaruhnya terhadap TIK pasien neurologi. Terdapat 8 artikel yang membahas tentang reposisi, 3 artikel tentang oral hygiene, 4 artikel tentang suction dan 2 artikel tentang intervensi memandikan.

Kesimpulan: Tindakan reposisi, suction, oral hygiene dan memandikan dapat berisiko meningkatkan TIK pasien neurologi. Oleh karena itu, dalam melakukan tindakan tersebut, perlu perencanaan yang baik dan dilakukan sesuai dengan prosedur yang telah ditetapkan untuk meminimalkan kemungkinan timbulnya dampak sekunder peningkatan TIK.
Keywords : Pasien Neurologi, Intervensi Keperawatan, Peningkatan TIK

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:08
Last Modified: 21 Feb 2022 02:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13503

Actions (login required)

View Item
View Item