PENGARUH PEMBERIAN BIOMATERIAL KITOSAN DARI KULIT UDANG (Caridea Sp.) DALAM MEMPERCEPAT PENYEMBUHAN LUKA DI RONGGA MULUT = Effect of Biomaterial Chitosan Addition from Shrimp Shell (Caridea Sp.) in Accelerating Wound Healing Process


Khairunnisa, Ilda (2022) PENGARUH PEMBERIAN BIOMATERIAL KITOSAN DARI KULIT UDANG (Caridea Sp.) DALAM MEMPERCEPAT PENYEMBUHAN LUKA DI RONGGA MULUT = Effect of Biomaterial Chitosan Addition from Shrimp Shell (Caridea Sp.) in Accelerating Wound Healing Process. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
J011191016_skripsi_15-02-2022 cover.png

Download (223kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
J011191016_skripsi_15-02-2022 1-2.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
J011191016_skripsi_15-02-2022 dp.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
J011191016_skripsi_15-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (14MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Penyembuhan luka adalah mekanisme tubuh untuk memperbaiki kerusakan yang terjadi dengan membentuk struktur baru dan fungsional. Proses penyembuhan luka pada jaringan lunak di dalam rongga mulut mempunyai prinsip yang sama dengan bagian tubuh lain yang diawali dari tahap hemostasis, inflamasi, proliferasi sel, deposisi matrik hingga fase remodeling. Suatu luka dikatakan sembuh secara sempurna jika luka telah kembali ke struktur anatomi jaringan, fungsi jaringan dan tampakan secara normal dalam periode waktu yang sesuai. Penanganan luka di rongga mulut menggunakan bahan alami banyak dilakukan untuk membantu proses penyembuhan luka di dalam rongga mulut, salah satunya adalah pemanfaatan biomaterial kitosan dari kulit udang dalam mempercepat penyembuhan luka di rongga mulut. Tujuan: mengetahui pengaruh pemberian biomaterial kitosan dari kulit udang (Caridea Sp.) dalam mempercepat penyembuhan luka di rongga mulut. Metode: Desain penulisan ini adalah literature review. Tinjauan Pustaka: Kitosan merupakan komponen alami eksoskeleton krustasea yang bermanfaat meningkatkan penyembuhan luka yang memiliki sifat antimikroba, biokompatibilitas, biodegradabilitas dan kemampuannya untuk mendukung deposisi matriks yang termineralisasi oleh sel-sel osteoblast, serta sifat pengikatan kitosan dengan sel darah merah memungkinkannya untuk membekukan darah dengan cepat sehingga digunakan dalam penyembuhan luka di rongga mulut. Hasil: Dalam tinjauan literature review ini didapatkan hasil bahwa penggunaan biomaterial kitosan dari kulit udang lebih efektif dalam mempercepat proses penyembuhan luka di rongga mulut dibandingkan dengan kelompok kontrol tanpa penggunaan biomaterial kitosan. Tetapi, semakin tinggi konsentrasi berat molekul kitosan yang diberikan tidak menjamin penyembuhan luka di rongga mulut dapat bereaksi dengan cepat. Kesimpulan: Biomaterial kitosan dari kulit udang (Caridea Sp.) dapat menjadi akselerator dalam proses penyembuhan luka di rongga mulut dengan cara meningkatkan sel-sel inflamasi seperti makrofag, sel leukosit polimorfonuklear (PMN), osteoblast dan fibroblast.
Keywords : kitosan, kitosan dari kulit udang, penyembuhan luka pada mukosa oral.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: R Medicine > RK Dentistry
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Feb 2022 02:06
Last Modified: 21 Feb 2022 02:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13498

Actions (login required)

View Item
View Item