Firza, Muhammad (2022) Isu Kesetaraan Gender Dalam Iklan Majalah Mode Prancis = The Issue of Gender Equality in French Magazine Advertisement. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
F31116512_skripsi_15-02-2022 cover.png
Download (209kB) | Preview
F31116512_skripsi_15-02-2022 1-2.pdf
Download (2MB)
F31116512_skripsi_15-02-2022 dp.pdf
Download (57kB)
F31116512_skripsi_15-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (4MB)
Abstract (Abstrak)
Muhammad Firza (F31116512), Isu Kesetaraan Gender Dalam Iklan Majalah Mode Prancis, dibimbing oleh Fierenziana Getruida Junus dan Masdiana, 2021
Penelitian ini berjudul “Isu kesetaraan gender dalam iklan majalah mode Prancis”. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan hubungan gender yang ditampilkan dalam iklan majalah mode Prancis dan untuk menjelaskan isu kesetaraan gender yang ditampilkan dalam iklan. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif. Teori yang digunakan adalah teori semiotika Charles S. Peirce. Berdasarkan analisa data yang dilakukan, diperoleh kesimpulan bahwa hubungan gender dalam iklan dapat dilihat dari ekspresi wajah, pose, postur tubuh, pakaian yang dikenakan, dan warna gambar yang kemudian diselaraskan dengan data verbal iklan yang berupa kata dan kalimat. Selanjutnya enam iklan yang dikeluarkan oleh Fendi, Versace, dan Ralph Lauren tidak memperlihatkan kesetaraan gender karena, memiliki indikator ketidaksetaraan karena tidak memenuhi syarat, yaitu terdapat stereotipe dan subordinasi pada setiap iklan, baik dari aspek verbal maupun nonverbal.
Keywords : Gender, Iklan, Isu, Kesetaraan
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | P Language and Literature > PQ Romance literatures |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 21 Feb 2022 01:07 |
Last Modified: | 21 Feb 2022 01:07 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13469 |