Kesantunan Berbahasa Pemain Game dalam Media Sosial Youtube "Jess No Limit": Kajian Pragmatik = LANGUAGE POLITENESS OF GAME PLAYERS ON SOCIAL MEDIA YOUTUBE “JESS NO LIMIT”: PRAGMATIC STUDY


Nurhawara, Nurhawara (2022) Kesantunan Berbahasa Pemain Game dalam Media Sosial Youtube "Jess No Limit": Kajian Pragmatik = LANGUAGE POLITENESS OF GAME PLAYERS ON SOCIAL MEDIA YOUTUBE “JESS NO LIMIT”: PRAGMATIC STUDY. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
F012181004_tesis_15-02-2022 cover.png

Download (147kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
F012181004_tesis_15-02-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
F012181004_tesis_15-02-2022 dp.pdf

Download (643kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
F012181004_tesis_15-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

NURHAWARA. Kesantunan Berbahasa Pemain Game dalam Media Sosial Youtube “Jess No Limit”: Kajian Pragmatik. (dibimbing oleh Lukman dan Ikhwan M.Said)
Penelitian ini bertujuan mengetahui strategi kesantunan berbahasa dan fungsi strategi kesantunan berbahasa pemain game dalam media sosial youtube “Jess No Limit”.
Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskriptif kualitatif dengan pendekatan pragmatik. Teori yang digunakan adalah teori kesantunan berbahasa Brown dan Levinson yang fokus pada empat strategi, yaitu strategi langsung (bald-on record strategy), strategi kesantunan positif (positive politeness strategy), strategi kesantunan negatif (negative politeness strategy), strategi tersamar (off-record politeness strategy).
Hasil penelitian menunjukkan strategi kesantunan positif lebih dominan digunakan daripada strategi kesantunan yang lainnya, yaitu strategi kesantunan negatif, strategi langsung, dan strategi tersamar. Strategi kesantunan positif dominan direalisasikan dengan cara menggunakan penanda keakraban kelompok, melibatkan penutur dalam aktivitas, mengintensifkan perhatian, dan memberi lelucon. Adapun strategi kesantunan negatif dominan direlisasikan dengan cara mengecilkan beban permintaan, mengajukan pertanyaan atau mengelak, dan merendahkan diri. Fungsi strategi kesantunan positif, strategii kesantunan negatif, dan strategi kesantunan tersamar digunakan untuk menunjukkan solidaritas. Solidaritas tersebut tercermin dalam keakraban, persahabatan, penghargaan, kemandirian, dan kebebasan. Sebaliknya, strategi langsung mencerminkan sikap kompetitif karena tidak mencerminkan kelima aspek tersebut. Kompetitif direalisasikan dengan cara menunjukkan ketidaksetujuan, tuduhan, interupsi, dan perintah.
Kata Kunci: Kesantunan Berbahasa, strategi kesantunan, fungsi strategi, Game, Youtube

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: P Language and Literature > P Philology. Linguistics
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Feb 2022 01:06
Last Modified: 21 Feb 2022 01:06
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13468

Actions (login required)

View Item
View Item