Analisis Kriminologis Terhadap Kejahatan Narkotika Yang Dilakukan Oleh Perempuan Di Kota Makassar


Halim, Muhammad (2021) Analisis Kriminologis Terhadap Kejahatan Narkotika Yang Dilakukan Oleh Perempuan Di Kota Makassar. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B012182018_tesis cover.png

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B012182018_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B012182018_tesis dp.pdf

Download (585kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
B012182018_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini menggunakan penelitian hukum empiris, yang bersifat penelitian lapangan dimana pengumpulan data dilakukan dengan metode wawancara dan studi kepustakaan melalui data yang berkaitan dan buku-buku yang berkaitan dengan topik penelitian. Selanjutnya, data yang diperoleh dianalisis secara kualitatif dan dipaparkan secara deskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa jenis kejahatan yang paling dominan yang dilakukan oleh perempuan adalah kejahatan narkotika. Faktor-faktor penyebab kejahatan narkotika oleh perempuan karena faktor psikologis karena lemahnya mental, pikiran serta perilaku seseorang terhadapnya mengakibatkan depresi dan faktor sosiologis karena pengelompokan sosial baik dari ekonomi dan pendidikan karena bekal pendidikan didapatkan kurang untuk bersaing mencari lapangan kerja demi memperbaiki sendi-sendi ekonomi. Upaya-upaya penanggulangan yang dilakukan agar perempuan tidak terlibat dalam kejahatan narkotika antara lain, upaya pre-emtif : penanaman nilai moral, upaya preventif: melakukan pengawasan dan bimbingan secara komunikatif yang dilakukan oleh orang tua dan keluarga, upaya represif: melakukan bimbingan sosial dan konseling perorangan kepada pelaku sehingga pelaku mempunyai keinginan yang kuat untuk sembuh, memberikan arahan berupa ceramah keagamaan terhadap para narapidana dalam LAPAS, memberikan pelatihan keterampilan seperti menjahit, pandai memasak, menyablon, kerajinan tangan dan sebagainya.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 21 Feb 2022 00:58
Last Modified: 21 Feb 2022 00:58
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13461

Actions (login required)

View Item
View Item