DAMPAK SENGKETA PERDAGANGAN KOREA SELATAN- JEPANG TERHADAP SAMSUNG ELETRONICS CO., LTD. = THE IMPACT OF TRADE DISPUTE OF SOUTH KOREA- JAPAN ON SAMSUNG ELETRONICS CO., LTD.


Rafli, Andi Muhammad Noor (2022) DAMPAK SENGKETA PERDAGANGAN KOREA SELATAN- JEPANG TERHADAP SAMSUNG ELETRONICS CO., LTD. = THE IMPACT OF TRADE DISPUTE OF SOUTH KOREA- JAPAN ON SAMSUNG ELETRONICS CO., LTD. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E061171522_skripsi cover.png

Download (169kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E061171522_skripsi 1-2.pdf

Download (925kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E061171522_skripsi dp.pdf

Download (144kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E061171522_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui dampak sengketa perdagangan Korea Selatan- Jepang terhadap Samsung Eletronics Co., Ltd. Pada penulisan kali ini penulis menggunakan metode deskriptif dalam menganasis fenomena ini, yang bersumber dari kajian pustaka. Untuk menggambarkan fenomena ini dengan baik penulis memilih gaya penulisan deduktif serta teknik analisis kualitatif. Perang Dagang Korea Selatan- Jepang bermula ketika Jepang memberikan kuota pembatasan tiga bahan kimia yaitu polimida berfluorinasi, photoresis, dan hidrogen fluorida dengan mengatasnamakan keamanan nasional. Bahan kimia berteknologi tinggi tersebut merupakan bahan kimia utama yang digunakan Korea Selatan untuk menjalankan industri Eletronik dan produksinya 90% dikontrol oleh Jepang. Pembatasan ini dikhawatirkan akan mempengaruhi perekonomian Korea Selatan, sebab Samsung adalah salah satu tumpuan ekonomi Korea Selatan dan merupakan bagian dari Chaebol. Sengketa perdagangan ini dikhawatirkan merusak rantai pasokan global dibidang eletronik, karena Korea Selatan merupakan negara yang memasok sekitar 61% chip global. Dengan penelitian ini, dapat disimpulkan bahwa Samsung Eletronics ini terdampak dari sengketa dagang ini, namun dampak yang dirasakan dapat diminimalisir dengan baik oleh Samsung dengan cara mengamankan langsung rantai pasokannya di tingkat mitra lokal negaranya dan mencari alternatif tersedia diluar negeri untuk memenuhi produksi beberapa bulan kedepan. Namun dampak dari perang dagang ini sangat jelas terlihat dari perekonomian Korea Selatan yang berkurang -78 Miliar USD akibat perang dagang.
Keywords : Sengketa Perdagangan, Perang Dagang, Korea Selatan, Jepang, Samsung.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JA Political science (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 21 Feb 2022 00:55
Last Modified: 21 Feb 2022 00:55
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13457

Actions (login required)

View Item
View Item