ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI SELATAN DALAM MENJALIN KERJA SAMA INTERNASIONAL DENGAN PREFEKTUR EHIME JEPANG = POLICY ANALYSIS OF THE GOVERNMENT OF SOUTH SULAWESI PROVINCE IN INTERNATIONAL COOPERATION WITH PREFECTURE EHIME, JAPAN


Jaharuddin, A. Rinaldy (2022) ANALISIS KEBIJAKAN PEMERINTAH PROVINSI SULAWESI SELATAN DALAM MENJALIN KERJA SAMA INTERNASIONAL DENGAN PREFEKTUR EHIME JEPANG = POLICY ANALYSIS OF THE GOVERNMENT OF SOUTH SULAWESI PROVINCE IN INTERNATIONAL COOPERATION WITH PREFECTURE EHIME, JAPAN. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
E051181509_skripsi_28-01-2022 cover.png

Download (138kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
E051181509_skripsi_28-01-2022 1-2.pdf

Download (618kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
E051181509_skripsi_28-01-2022 dp.pdf

Download (12MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
E051181509_skripsi_28-01-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (13MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui bagaimana proses dari terjadinya kerja sama dalam hal pembentukan kerja sama internasional Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Prefektur Ehime dengan bidang – bidang kerja sama yang telah tertuang dalam Memorandum of Understanding (MoU). Hal lainnya mengenai faktor- faktor apa sajakah yang mempengaruhi proses kerja sama antara Provinsi Sulawesi Selatan dan Prefektur Ehime dalam melakukan kerja sama sister province. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitiaf dengan data yang diperoleh melalui studi pustaka, wawancara, observasi, dan dokumentasi dan terdapat delapan informan yang ditentukan dengan cara purposive sampling.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa sejauh ini koordinasi yang dilakukan oleh Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Prefektur Ehime dengan pihak kementerian dalam negeri dan luar negeri merupakan alur yang sudah sesuai dengan Peraturan Pemerintah Nomor 28 Tahun 2018. Dalam pelaksanaan kerja sama internasional Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Prefektur Ehime, terdapat beberapa masalah diantaranya yaitu faktor internal dimana adanya pergantian tahta kepemimpinan dan juga miskumonikasi yang terjadi antar Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan dinas – dinas. Masalah lainnya yaitu faktor eksternal yaitu adanya pandemi covid-19 dan juga komunikasi antar Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan dan Prefektur Ehime yang kurang berjalan dengan lancar mengakibatkan kerja sama ini sampai saat ini belum berjalan. Dalam kerja sama internasional yang dilakukan, perlu untuk melibatkan pihak lain yang dapat menyukseskan kerja sama. Pembahasan dapat dilakukan oleh dinas – dinas secara langsung tanpa harus menunggu arahan dari Pemerintah Provinsi Sulawesi Selatan sehingga pembahasan dapat langsung terjalin tanpa harus menunggu arahan dan kerja sama dapat dilaksanakan.
Keywords : Kerja Sama Internasional, Perumusan, Faktor Penghambat, Faktor Pendukung

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: J Political Science > JS Local government Municipal government
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Feb 2022 08:17
Last Modified: 18 Feb 2022 08:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13453

Actions (login required)

View Item
View Item