SYARAT PENGGANTIAN CALON ANGGOTA LEGISLATIF TERPILIH DALAM PENYELENGGARAAN PEMILU BERDASARKAN PRINSIP DEMOKRASI


Haedar, M. Iqbal Maulana (2021) SYARAT PENGGANTIAN CALON ANGGOTA LEGISLATIF TERPILIH DALAM PENYELENGGARAAN PEMILU BERDASARKAN PRINSIP DEMOKRASI. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B012182017_tesis cover1.png

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B012182017_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B012182017_tesis dp.pdf

Download (332kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
B012182017_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menganalisis bagaimana seharusnya prinsip demokrasi dalam melakukan penggantian calon anggota legislatif terpilih serta mengetahui bagaimana implikasi hukum terhadap calon anggota legislatif terpilih yang diberhentikan oleh partainya.
Penelitian ini dilaksanakan di Kota Makassar dengan menggunakan metode penelitian normatif empiris yang melihat gejala realitas sosial yang terjadi. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah melakukan wawancara secara langsung terhadap pihak terkait serta melakukan studi pustaka. Data yang didapatkan kemudian diuraikan ke dalam kalimat-kalimat yang tersusun secara sistematis, sehingga diperoleh gambaran yang jelas dan pada akhirnya dapat ditarik kesimpulan secara induktif sebagai jawaban singkat dari permasalahan yang diteliti.
Hasil penelitian yang diperoleh menunjukkan bahwa terdapat perbedaan penafsiran mengenai kewenangan dalam hal penggantian calon anggota legislatif terpilih. Partai politik menganggap dirinya memiliki kewenangan mutlak, sementara berdasarkan peraturan KPU yang seharusnya memiliki kewenangan tersebut. Mengenai implikasi hukum dari calon anggota legislatif terpilih yang diberhentikan oleh partainya tentu saja membuat calon terpilih yang bersangkutan batal dilantik sebagai anggota legislatif dan juga menimbulkan kepastian hukum yang bias.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 18 Feb 2022 08:17
Last Modified: 18 Feb 2022 08:17
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13452

Actions (login required)

View Item
View Item