RESPONSIVITAS HUKUM PIDANA DALAM MEMASUKI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (FOUR POINT ZERO)


Suryadi S., Ahmad (2020) RESPONSIVITAS HUKUM PIDANA DALAM MEMASUKI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0 (FOUR POINT ZERO). Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B012182009_tesis cover.png

Download (220kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B012182009_tesis 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B012182009_tesis dp.pdf

Download (551kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
B012182009_tesis.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dan memahami responsivitas hukum pidana dalam memasuki era revolusi industri 4.0 (four point zero), penegakan hukum pidana dalam cyber crime, tindak pidana dalam cyber crime, pertanggung jawaban pidana pelaku kejahatan cyber crime.
Penelitian ini merupakan penelitian normatif-empiris yang pada dasarnya merupakan penggabungan antara pendekatan hukum normatif dengan adanya penambahan unsur empiris sebagai implementasi dari hukum normatif dalam aksinya pada setiap peristiwa hukum yang terjadi dalam masyarakat.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa salah satu kejahatan dalam cyber crime yaitu tindak pidana skimming. Cyber Crime memiliki maksud sebagai tindak kejahatan di bidang teknologi komputer dan jaringan internet. Sedangkan, tindak pidana skimming merupakan salah satu jenis dari kejahatan yang ada pada bidang teknologi komputer dan jaringan internet dengan memindahkan data dan informasi kartu baik debit maupun kredit dengan cara ilegal dengan menyalin data dan informasi yang terdapat pada strip magnetik kartu. Dasar penegakan hukum dalam kejahatan cyber crime tentang tindak pidana skimming dan pertanggung jawaban pidana pelaku tindak pidana skimming didasarkan pada Undang-Undang No. 11 Tahun 2008 Tentang Informasi Serta Transaksi Elekteronik yang telah diubah menjadi Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik (ITE) dan memperhatikan kaidah-kaidah hukum pidana yang berlaku. Dalam proses penegakan hukum tindak pidana skimming pada cyber crime harus senantiasa mengutamakan kepastian hukum sebagai suatu bentuk dalam memberikan perlindungan dan keamanan dalam proses transaksi melalui internet untuk masyarakat luas.

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 18 Feb 2022 03:45
Last Modified: 18 Feb 2022 03:45
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13448

Actions (login required)

View Item
View Item