PENTINGNYA PERILAKU PATUH DALAM PERAWATAN LUKA KAKI DIABETIK: LAPORAN KASUS = THE IMPORTANCE OF ADHERENT BEHAVIOR IN THE TREATMENT OF DIABETIC FOOT ULCER: CASE REPORT


Nurazizah, Nurazizah (2022) PENTINGNYA PERILAKU PATUH DALAM PERAWATAN LUKA KAKI DIABETIK: LAPORAN KASUS = THE IMPORTANCE OF ADHERENT BEHAVIOR IN THE TREATMENT OF DIABETIC FOOT ULCER: CASE REPORT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R014192008_skripsi cover.png

Download (155kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R014192008_skripsi 1-2.pdf

Download (761kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R014192008_skripsi dp.pdf

Download (79kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R014192008_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar Belakang: Luka Kaki Diabetik (LKD) merupakan komplikasi dari diabetes mellitus (DM) yang terjadi akibat kontrol glikemik yang buruk, neuropati, penyakit pembuluh darah perifer, serta perawatan kaki yang buruk. Kaki diabetes yang tidak dirawat dengan baik akan mudah mengalami luka dan cepat berkembang menjadi LKD. Perawatan luka dilakukan agar tercipta proses penyembuhan luka yang efektif. Hal ini tidak terlepas dari perilaku patuh pasien dalam menerapkan edukasi yang dianjurkan pada perawatan LKD. Oleh karena itu, laporan kasus ini bertujuan untuk memberikan gambaran terkait pentingnya perilaku patuh dalam perawatan LKD.
Tujuan: Untuk memberikan gambaran mengenai pentingnya perilaku patuh dalam perawatan LKD.
Metode: Penelitian ini merupakan studi kasus dengan pendekatan prospektif yang dilaksanakan di klinik perawatan luka Griya Afiat Makassar. Proses observasi perawatan dan evaluasi penyembuhan luka dilakukan sejak tanggal 14 Desember - 08 Januari 2020 secara virtual melalui via zoom. Pengumpulan data didapatkan dari informasi perawat klinik dan catatan medis pasien.
Hasil: Perkembangan luka dari perawatan pertama hingga perawatan kedua menunjukkan perbandingan dasar luka slough dan granulasi 50:50. Namun, pada perawatan ketiga ditemukan dasar luka kembali menjadi 100% nekrotik dan terjadi peradangan. Hal ini disebabkan karena luka yang terlalu basah. Selain itu, pasien menunjukkan perilaku tidak patuh berdasarkan dari kunjungan perawatan luka yang tidak sesuai dengan jadwal yang telah ditentukan. Pada perawatan selanjutnya, ditemukan dasar luka pasien mulai tampak progress dengan dasar luka granulasi 40%. Hal ini karena pasien mulai patuh dalam perawatan luka, rajin mengganti balutan di rumah serta menghindari balutan luka dari basah.
Kesimpulan: Perilaku patuh pasien dalam perawatan LKD berpengaruh pada proses penyembuhan luka.
Keywords : LKD, perawatan luka, perilaku patuh

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 18 Feb 2022 03:23
Last Modified: 18 Feb 2022 03:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13443

Actions (login required)

View Item
View Item