EFEKTIVITAS PENGAPLIKASIAN WOUND SALEP DIKOMBINASIKAN DENGAN CADEXOMER IODINE POWDER TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN LUKA DI TIBIA DEXTRA POST TRAUMA TN.S DI KLINIK GRIYA AFIAT MAKASSAR : LAPORAN KASUS = THE EFFECTIVENESS OF THE APPLICATION OF WOUND SALEP COMBINATED WITH CADEXOMER IODINE POWDER TO THE PROCESS OF WOUND HEALING AT TIBIA DEXTRA POST TRAUMA TN.S IN GRIYA AFIAT CLINIC, MAKASSAR : CASE REPORT


Ayunila N.r, Rifca (2022) EFEKTIVITAS PENGAPLIKASIAN WOUND SALEP DIKOMBINASIKAN DENGAN CADEXOMER IODINE POWDER TERHADAP PROSES PENYEMBUHAN LUKA DI TIBIA DEXTRA POST TRAUMA TN.S DI KLINIK GRIYA AFIAT MAKASSAR : LAPORAN KASUS = THE EFFECTIVENESS OF THE APPLICATION OF WOUND SALEP COMBINATED WITH CADEXOMER IODINE POWDER TO THE PROCESS OF WOUND HEALING AT TIBIA DEXTRA POST TRAUMA TN.S IN GRIYA AFIAT CLINIC, MAKASSAR : CASE REPORT. Thesis thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
R014192005_skripsi cover.png

Download (228kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
R014192005_skripsi 1-2.pdf

Download (587kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
R014192005_skripsi dp.pdf

Download (660kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
R014192005_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Latar belakang : Luka adalah hilang atau rusaknya sebagian jaringan tubuh. Luka yang tidak mendapatkan perawatan yang semestinya dapat berakibat fatal. Proses penyembuhan luka terdiri dari hemostasis, inflamasi, proliferasi dan remodelling. Dresing moderen yang bisa digunakan dalam penyembuhan luka adalah wound salep yang mengandung zinc oxide, vit.E, rosemary, lelolin dan zat aktif lainnya dikombinasikan dengan cadexomer iodine powder. Kandungan dari swound salepadalah zinc oxide, vit.E, rosemary,lelolin. Akan tetapi masih terbatas penelitian yang membahas secara lansung terkait efektifitas wound saleo dengan Cadexomer Iodine Powder terhadap penyembuhan luka.
Tujuan : Menilai efektivitas pengaplikasian wound salep dikombinasikan dengan cadexomer iodine powder terhadap proses penyembuhan luka di tibia dextra post trauma di Klinik Griya Afiat Makassar.
Metode : Metode dalam penelitian ini dilakukan terhadap satu orang pasien yang diikuti secara prospektif dimulai tanggal 18 Desember – 8 Januari 2021 dengan 7 kali perawatan. Dressing yang digunakan dalam perawatan luka adalah wound salep dan Cadexomer Iodine Powder. Sedangkan untuk menilai proses penyembuhan luka, digunakan pengkajian Bates-Jensen Wound Assesment Tool yang telah di modifikasi.
Hasil : Perawatan luka menggunakan wound salep dikombinasikan dengan cadexomer iodine powder, hasil didapatkan ukuran luka mengecil dapat dilihat dari perawatan pertama sampai perawatan ketujuh dari ukuran luka 3cm x 4,5 cm menjadi 3 cm x 3,3 cm. Penampilan klinis luka dari perawatan pertama sampai perawatan ketujuh dari granulasi 35% slought 15% dan epitel 50% menjadi granulasi 30% dan epitel 70%, dapat dilihat terjadi pengurangan slough/biofilm pada luka.
Kesimpulan : Penggunaan wound salep dikombinasikan dengan cadexomer iodine powder sebagai balutan primer penting dalam membantu proses penyembuhan luka yang dibuktikan dengan pengecilan ukuran luka dan perubahan tampilan klinis luka.
Keywords : Wound salep, Cadexomer iodine powder, Luka Post Trauma

Item Type: Thesis (Thesis)
Subjects: R Medicine > RT Nursing
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 Feb 2022 07:23
Last Modified: 17 Feb 2022 07:23
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13437

Actions (login required)

View Item
View Item