Pengawasan Terhadap Laundry Linen Rumah Sakit Grestelina Oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa


Ikhwan, Muh Nayyif (2021) Pengawasan Terhadap Laundry Linen Rumah Sakit Grestelina Oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of cover]
Preview
Image (cover)
B12116524_skripsi cover.png

Download (134kB) | Preview
[thumbnail of bab 1-2] Text (bab 1-2)
B12116524_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of daftar pustaka] Text (daftar pustaka)
B12116524_skripsi dp.pdf

Download (622kB)
[thumbnail of full text] Text (full text)
B12116524_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 2 hal. Pertama, untuk mengetahui pelaksanaan pengawasan terhadap Laundry Linen Rumah Sakit Grestelina oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa. Kedua, Untuk mengetahui faktor-faktor penghambat pelaksanaan pengawasan terhadap Laundry Linen Rumah Sakit Grestelina oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa.
Penelitian ini dilakukan di Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa, Wahana Lingkungan Hidup Sulawesi Selatan (WALHI Sulsel) dan Forum Pemuda Pemerhati Lingkungan (FPPL) dengan menggunakan teknik wawancara dan pengumpulan data baik secara langsung ataupun website.
Hasil Penelitian menunjukkan (1) bahwa pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Gowa terhadap Laundry Linen Rumah Sakit Grestelina yang beraktivitas di kabupaten gowa masih belum optimal dengan melihat telah berjalannya kegiatan tersebut selama kurang lebih 4 tahun tanpa memiliki Dokumen atau izin lingkungan dan telah membuang limbah hasil cucian tanpa melalui instalasi pengolahan air limbah (IPAL) ke danau tempat yang tidak jauh dari pemukiman warga dan beraktivitasnya masyarakat. (2) Adapun faktor-faktor yang menghambat Dinas Lingkungan Hidup dalam melakukan pengawasan terhadap Laundry Linen Rumah Sakit Grestelina adalah kurangnya komunikasi,informasi serta kerja sama antara berbagai pihak termasuk pemilik kegiatan/ usaha yang masih banyak tidak mengurus Dokumen lingkungan hidup dan belum memiliki kesadaran akan pentingnya perlindungan dan pengelolaan lingkungan hidup.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Hukum Administrasi Negara
Depositing User: Nasyir Nompo
Date Deposited: 17 Feb 2022 01:20
Last Modified: 17 Feb 2022 01:20
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13396

Actions (login required)

View Item
View Item