Fungsi Pengawasan Balai Taman Nasional Taka Bonerate Dalam Mencegah Perusakan Ekosistem Laut = The Supervision Function of the Taka Bonerate National Park Office in Preventing Destruction of Marine Ecosystems


Ramadika, Husni (2022) Fungsi Pengawasan Balai Taman Nasional Taka Bonerate Dalam Mencegah Perusakan Ekosistem Laut = The Supervision Function of the Taka Bonerate National Park Office in Preventing Destruction of Marine Ecosystems. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B12116517_skripsi cover.png

Download (154kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B12116517_skripsi 1-2.pdf

Download (2MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B12116517_skripsi dp.pdf

Download (567kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B12116517_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (2MB)

Abstract (Abstrak)

HUSNI RAMADIKA (B121 16 517) “Fungsi Pengawasan Balai Taman Nasinal Taka Bonerate Dalam Mencegah Perusakan Ekosistem Laut” dibawah bimbingan Bapak Anshori Ilyas selaku pembimbing utama dan Bapak Zulkifli Aspan selaku pembimbing pendamping.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 2 hal. Pertama, Untuk mengetahui pelaksanaan fungsi pengawasan Balai Taman Nasional Taka Bonerate dalam hal pencegahan perusakan ekosistem laut di Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate. Kedua, Untuk mengetahui penerapan dan pemberian sanksi administratif terhadap pelaku yang melakukan perusakan ekosistem laut di Kawasan Taman Nasional Taka Bonerate.

Penelitian ini dilakukan di Balai Taman Nasional Taka Bonerate dengan menggunakan Teknik wawancara dan pengumpulan data baik secara langsung ataupun website.

Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Pelaksanaan pengawasan yang dilakukan oleh Balai Taman Nasional Taka Bonerate masih belum optimal. Belum optimalnya pengawasan tersebut di dasari karena faktor teknis,seperti sinergitas antara instansi terkait yang tidak berjalan baik.Adapun faktor non-teknisnya yaitu, Keadaan cuaca yang tidak menentu sehingga menyebabkan proses patroli atau pengawasan menjadi terhambat. (ii) Balai Taman Nasional Taka Bonerate bisa dibilang cukup tegas dalam memberikan sanksi administratif kepada pelaku perusakan ekosistem laut di wilayah Taman Nasional Taka Bonerate. Bentuk sanksi administrasi yang diberikan kepada pelaku antara lain, yaitu: teguran tertulis, surat pembinaan dan pencabutan izi. Dari sanksi administrasi ini Balai Taman Nasional Taka Bonerate mengharapkan agar pemberian sanksi tersebut dapat mengakibatkan para pelaku perusak ekosistem laut dapat menjadi sadar akan pentingnya menjaga lingkungan.
Keywords : Pengawasan, Sanksi Administratif, Ekosistem Laut

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 Feb 2022 01:18
Last Modified: 17 Feb 2022 01:18
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13391

Actions (login required)

View Item
View Item