FUNGSI PENGAWASAN DINAS PERHUBUNGAN PADA PELAKSANAAN PENGATURAN WAKTU DAN RUTE OPERASIONAL ANGKUTAN BARANG DI KOTA MAKASSAR = Supervision Functions of the Transportation Service on the Implementation of Time Management and Operational Routes of Freight Transport in Makassar City


Anas, Moh Reformasi Bangun (2022) FUNGSI PENGAWASAN DINAS PERHUBUNGAN PADA PELAKSANAAN PENGATURAN WAKTU DAN RUTE OPERASIONAL ANGKUTAN BARANG DI KOTA MAKASSAR = Supervision Functions of the Transportation Service on the Implementation of Time Management and Operational Routes of Freight Transport in Makassar City. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B12116317_skripsi_02-12-2021 cover.png

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B12116317_skripsi_02-12-2021 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B12116317_skripsi_02-12-2021 dp.pdf

Download (525kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B12116317_skripsi_02-12-2021.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

MOH. REFORMASI BANGUN ANAS (B12116317), dengan Judul “Fungsi Pengawasan Dinas Perhubungan Pada Pelaksanaan Pengaturan Waktu dan Rute Operasional Angkutan Barang di Kota Makassar”. Penulisan Skripsi ini di bawah bimbingan Bapak Dr. Anshori Ilyas, S.H., M.H. selaku Pembimbing Utama dan Ibu Ariani Arifin, S.H., M.H. selaku Pembimbing Pendamping.
Tujuan penelitian ini bertujuan untuk mengetahui 2 (dua) hal. Pertama, untuk mengetahui Fungsi Pengawasan Dinas Perhubungan pada Pelaksanaan Pengaturan Waktu dan Rute Operasional Angkutan Barang di Kota Makassar. Kedua, untuk mengetahui prosedur penerapan sanksi administratif terhadap Pengemudi Angkutan Barang berdasarkan Perundang-Undangan yang berlaku.
Penelitian ini dilakukan di Dinas Perhubungan Kota Makassar. Jenis sumber data pada penelitian ini yakni, data primer yang diperoleh dari wawancara langsung dengan pejabat pada dinas terkait dan data sekunder yang berasal dari Peraturan Perundangundangan, berita, literatur, buku, dan jurnal yang terkait dengan pembahasan penulis.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa (i) Fungsi pengawasan Dinas Perhubungan Pada Pelaksanaan Pengaturan Waktu dan Rute Operasional Angkutan Barang di Kota Makassar adalah tidak berjalan efektif karena banyaknya pengguna angkutan barang yang masih melanggar waktu dan rute operasional di Kota Makassar. (ii) Prosedur penerapan sanksi administratif terhadap Pengemudi Angkutan Barang berdasarkan Perundang-undangan yang berlaku adalah tidak berjalan efektif karena prosedur penerapan sanksi administratif dari Dinas Perhubungan Kota Makassar tidak memberikan dampak yang signifikan dalam hal ini tidak menimbulkan efek jera bagi pengguna angkutan barang sebab sanksi yang diberikan hanya bersifat lisan dan denda administratif.
Keywords : Dinas Perhubungan, Angkutan Barang

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 Feb 2022 01:08
Last Modified: 17 Feb 2022 01:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13379

Actions (login required)

View Item
View Item