IMPLEMENTASI PENGAWASAN PENGENAAN PAJAK AIR TANAH DI KOTA MAKASSAR = THE IMPLEMENTATION OF THE SUPERVISION OF GROUNDWATER TAX IMPOSITION IN MAKASSAR CITY


Damayanti. H, Thania Novita (2022) IMPLEMENTASI PENGAWASAN PENGENAAN PAJAK AIR TANAH DI KOTA MAKASSAR = THE IMPLEMENTATION OF THE SUPERVISION OF GROUNDWATER TAX IMPOSITION IN MAKASSAR CITY. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B12116305_skripsi cover.png

Download (165kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B12116305_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B12116305_skripsi dp.pdf

Download (4MB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B12116305_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (5MB)

Abstract (Abstrak)

Thania Novita Damayanti Hutagaol (B121 16 305) dengan judul Implementasi Pengawasan Pengenaan Pajak Air Tanah di Kota Makassar. Di bawah bimbingan Muhammad Djafar Saidi sebagai Pembimbing I dan Romi Librayanto sebagai Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji, mendalami, serta menganalisis sejauh mana implementasi pengawasan pengenaan Pajak Air Tanah di Kota Makassar serta faktor-faktor penghambat yang mempengaruhi pelaksanaan implementasi pengawasan pengenaan Pajak Air Tanah di Kota Makassar.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum empiris. Dengan teknik pengumpulan data hukum melalui penelitian lapangan, mengolah data dan informasi yang ditemukan di lokasi penelitian yang berkaitan dengan permasalahan yang diteliti. Penelitian ini dilakukan di Badan Pendapatan Daerah Kota Makassar dan pada Wajib Pajak Air Tanah Kota Makassar sebagai sampel dalam penelitian ini.
Adapun hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Implementasi Pengawasan Pengenaan Pajak Air Tanah di Kota Makassar belum dilaksanakan sesuai dengan peraturan perundang-undangan yang berlaku. Hal ini terjadi lantaran masih ada ketidaksesuaian antara Peraturan Walikota Makassar Nomor 5 tahun 2015 Tentang Besaran Nilai Perolehan Air Tanah dengan pelaksanaan yang terjadi di lapangan terkait penggunaan water meter. Tidak adanya sanksi yang diatur ataupun diberikan mempengaruhi kepatuhan dan kurang optimalnya Pengawasan Pengenaan Pajak Air Tanah di Kota Makassar sehingga terdapat suatu kekaburan penegakan hukum yang dapat menimbulkan ketidakpastian hukum. (2) Faktor penegak hukum, faktor sarana dan fasilitas, serta faktor masyarakat menjadi penghambat belum sesuainya Implementasi Pengawasan Pengenaan Pajak Air Tanah di Kota Makassar.
Keywords : PENGAWASAN, PAJAK AIR TANAH, PAJAK

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 Feb 2022 01:08
Last Modified: 17 Feb 2022 01:08
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13377

Actions (login required)

View Item
View Item