Pelaksanaan Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa Terhadap Pengelolaan Dana Desa di Desa Sampalowo, Kecamatan Petasia Barat, Kabupaten Morowali Utara = Implementation of Village Consultative Board Supervision to Village Fund Management in Sampalowo Village, West Petasia District, North Morowali Regency


Lino, Triani Wedyastuti (2022) Pelaksanaan Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa Terhadap Pengelolaan Dana Desa di Desa Sampalowo, Kecamatan Petasia Barat, Kabupaten Morowali Utara = Implementation of Village Consultative Board Supervision to Village Fund Management in Sampalowo Village, West Petasia District, North Morowali Regency. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B12116005_skripsi cover.png

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B12116005_skripsi 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B12116005_skripsi dp.pdf

Download (734kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B12116005_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

Triani Wedyastuti Lino (B12116005) dengan judul “Pelaksanaan Pengawasan Badan Permusyawaratan Desa Terhadap Pengelolaan Dana Desa di Desa Sampalowo, Kecamatan Petasia Barat, Kabupaten Morowali Utara”. Di bawah bimbingan Bapak Dr. Muh. Hasrul, SH., MH sebagai pembimbing I dan Bapak Muh. Zulfan Hakim, SH., MH sebagai pembimbing II.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelaksanaan pengawasan Badan Permusyawaratan Desa terhadap Pengelolaan Dana Desa yang di peruntukan pada pembangunan desa dan untuk mengetahui bagaimana penerapan sanksi bagi anggota BPD yang tidak menjalankan fungsinya sebagai pengawas.
Penelitian ini dilakukan pada Badan Permusyawaratan Desa di Desa Sampalowo, Kecamatan Petasia Barat, Kabupaten Morowali Utara. Untuk mencapai tujuan tersebut, digunakan metode penelitian empiris. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, buku, literatur, dan dokumen-dokumen penting dari peraturan perundang-undangan yang berlaku dan berkaitan dengan pembahasan yang diangkat oleh penulis.
Adapun hasil penelitian ini, yaitu (1) pelaksanaan mekanisme pengawasan Badan Permusyawaratan Desa Sampalowo dalam menjalankan pengawasan terhadap pengelolaan dana desa tidak terlaksana sesuai dengan Perda Kabupaten Morowali Utara Nomor 5 tahun 2018, dan masih terdapat kelemahan dalam pengawasan yang dilakukan oleh BPD Desa Sampalowo, khususnya dalam pembangunan infrastruktur desa. (2) penerapan sanksi bagi anggota BPD yang tidak menjalankan fungsi pengawasannya sudah terlaksana sesuai dengan Pasal 17 Perda Kabupaten Morowali Utara Nomor 5 tahun 2018 yaitu penerapan sanksi administratif dengan pemberhentian sebagai anggota BPD.
Kata kunci : Pengawasan, Dana Desa, Pembangunan infrastruktur, Badan Permusyawaratan Desa, Penerapan Sanksi.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 17 Feb 2022 01:01
Last Modified: 17 Feb 2022 01:01
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13368

Actions (login required)

View Item
View Item