Pengaruh Stratifikasi Sosial Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jeneponto(Suatu Analisis Hukum dan Struktur Sosial) = Influence of Social Stratification on the Quality of Public Services In The Office of Population and Civil Records of Jeneponto Regency (An Analysis of Law and Social Structure)


Sabir, Reyka Agustina (2022) Pengaruh Stratifikasi Sosial Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jeneponto(Suatu Analisis Hukum dan Struktur Sosial) = Influence of Social Stratification on the Quality of Public Services In The Office of Population and Civil Records of Jeneponto Regency (An Analysis of Law and Social Structure). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011171621_skripsi_08-02-2022 cover.png

Download (151kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011171621_skripsi_08-02-2022 1-2.pdf

Download (1MB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011171621_skripsi_08-02-2022 dp.pdf

Download (313kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011171621_skripsi_08-02-2022.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

REYKA AGUSTINA SABIR (B011171621) dengan judul skripsi “Pengaruh Stratifikasi Sosial Terhadap Kualitas Pelayanan Publik Di Kantor Dinas Kependudukan Dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jeneponto (Suatu Analisis Hukum dan Struktur Sosial)”. Di bawah bimbingan dan arahan Andi Tenri Famauri selaku Pembimbing Utama dan Andi Syahwiah A. Sapiddin selaku Pembimbing Pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh stratifikasi sosial terhadap kualitas pelayanan publik di Kantor Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil Kabupaten Jeneponto dan faktor pendukung dan penghambat pelaksanaan pelayanan publik di Kantor Disdukcapil Kabupaten Jeneponto selain stratifikasi sosial.
Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif yang disajikan secara deskriptif. Teknik sampling yang digunakan adalah purposive sampling dan populasi dalam penelitian ini adalah masyarakat yang bersangkutan dalam pembuatan KTP-el di Kantor Disdukcapil Kabupaten Jeneponto. Lokasi penilitian di Kantor Disdukcapil Kabupaten Jeneponto.
Adapun hasil penelitian ini, yaitu (1) Stratifikasi sosial melahirkan tindakan diskriminasi yang berpengaruh pada kualitas pelayanan penerbitan KTP-el kepada masyarakat di kantor Disdukcapil Kabupaten Jeneponto. Hal ini relevan dengan teori Max Weber tentang teori tiga dimensi stratifikasi dan konsep kesempatan hidup. (2) Faktor pendukung pelaksanaan pelayanan publik di kantor Disdukcapil Kabupaten Jeneponto terdiri dari sumber daya manusia sudah memenuhi secara kuantitas dan kualitas, penggunaan Sistem Informasi Administrasi Kependudukan (SIAK) yang telah sesuai dengan Undang-Undang No. 23 Tahun 2006 tentang Administrasi Kependudukan, dan penyediaan sarana dan prasarana pelayanan yang memadai. Sedangkan faktor penghambat pelaksanaan pelayanan selain stratifikasi sosial terdiri dari pengoperasian SIAK yang masih terjadi kendala, minimnya kursi yang disediakan, dan jangka waktu yang penyelesaian pembuatan KTP-el yang tidak sesuai dengan jangka waktu yang ditetapkan.
Keywords : Stratifikasi Sosial, Pelayanan Publik.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 13 Feb 2022 04:24
Last Modified: 13 Feb 2022 04:24
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13329

Actions (login required)

View Item
View Item