Purnamasari, Nadya Nurhamdiah (2022) Perlindungan Hukum Terhadap Data Pribadi Pengguna Marketplace = Legal Protection of Personal Data Marketplace user. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.
B011171003_skripsi_24-01-2022 cover.png
Download (129kB) | Preview
B011171003_skripsi_24-01-2022 1-2.pdf
Download (954kB)
B011171003_skripsi_24-01-2022 dp.pdf
Download (65kB)
B011171003_skripsi_24-01-2022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (1MB)
Abstract (Abstrak)
NADYA NURHAMDIAH PURNAMASARI (B011171003) “Perlindungan Hukum Terhadap Data Pribadi Pengguna Marketplace” (Dibawah Bimbingan Oky Deviany Burhamzah selaku Pembimbing Utama dan Maskun selaku Pembimbing Pendamping).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaturan hukum terhadap perlindungan data pribadi di Indonesia dan untuk mengetahui bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen apabila terjadi penyalahgunaan data pribadi.
Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian normatif dengan menggunakan pendekatan perundang-undangan dan pendekatan konseptual. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah studi kepustakaan dan dianalisis secara preskriptif.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (1) Di Indonesia terdapat beberapa aturan yang mengatur mengenai perlindungan data pribadi seperti Undang-Undang Nomor 19 Tahun 2016 tentang Perubahan atas Undang-Undang No. 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Transaksi Elektronik, Peraturan Menteri Komunikasi dan Informatika No. 20 Tahun 2016 tentang Perlindungan Data Pribadi, dan Peraturan Pemerintah Nomor 71 tahun 2019 tentang Penyelenggaran Sistem dan Transaksi Elektronik. Akan tetapi, regulasi tersebut masih belum optimal dalam melindungi kerahasiaan Data Pribadi pengguna marketplace. (2) Bentuk perlindungan hukum terhadap konsumen apabila terjadi penyalahgunaan data pribadi yaitu secara preventif dan represif. Upaya preventif dalam perlindungan data pribadi konsumen yaitu perlindungan hukum yang bersifat pencegahan sebelum terjadinya kegagalan terhadap perlindungan data pribadi konsumen yang dapat menimbulkan kerugian bagi konsumen. Sedangkan upaya perlindungan represif dalam perlindungan data pribadi konsumen dilakukan dengan melibatkan peran pemerintah dalam memberikan perlindungan hukum akibat adanya kerugian yang dialami oleh konsumen atas kegagalan perlindungan kerahasiaan data pribadi miliknya.
Keywords : Data Pribadi; Marketplace
Item Type: | Thesis (Skripsi) |
---|---|
Subjects: | K Law > K Law (General) |
Depositing User: | S.Sos Rasman - |
Date Deposited: | 15 Feb 2022 02:37 |
Last Modified: | 15 Feb 2022 02:37 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13311 |