Disparitas Pemidanaan Dalam Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika Golongan I Bagi Diri Sendiri = Disparity in the Criminal Code of Narcotics Abuse Category I for Yourself


karatong, J.w. karatong (2022) Disparitas Pemidanaan Dalam Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika Golongan I Bagi Diri Sendiri = Disparity in the Criminal Code of Narcotics Abuse Category I for Yourself. Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B11116645_skripsi cover.png

Download (158kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B11116645_skripsi 1-2.pdf

Download (951kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B11116645_skripsi dp.pdf

Download (8kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B11116645_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

J.W.KARATONG (B111 16 645) dengan Judul “Disparitas Pemidanaan Dalam Tindak Pidana Penyalahgunaan Narkotika Golongan I Bagi Diri Sendiri”. Di bawah bimbingan Ibu Nur Azisa sebagai pembimbing utama dan Ibu Audyna Mayasari Muin sebagai pembimbing pendamping.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya disparitas pemidanaan dalam tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri di Pengadilan Negeri Sungguminasa dan dampak yang ditimbulkan dengan adanya disparitas pemidanaan dalam tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri di Pengadilan Negeri Sungguminasa.
Penelitian ini menggunakan tipe penelitian empiris dimana lokasi penelitian yang penulis pilih adalah Pengadilan Negeri Sungguminasa. Jenis data adalah data primer dan data sekunder, selanjutnya teknik pengumpulan data dengan wawancara terhadap Hakim di Pengadilan Negeri Sungguminasa. Analisis data bersifat deskriptif.
Hasil peneltian yaitu (1) Faktor-faktor yang menyebabkan terjadinya disparitas pemidanaan dalam tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri di Pengadilan Negeri Sungguminasa adalah belum adanya pedoman pemidanaan, posisi kasus yang berbeda dan adanya keadaan-keadaan yang memberatkan dan meringankan pidana. Ketiga hal diatas mempengaruhi hakim dalam menjatuhkan putusan, Majelis hakim dalam memutus didasarkan pada minimal dua alat bukti yang sah yang diatur dalam KUHAP dan berdasarkan fakta-fakta yang terungkap di persidangan. (2) Dampak yang ditimbulkan dengan adanya disparitas pemidanaan dalam tindak pidana penyalahgunaan narkotika golongan I bagi diri sendiri adalah ketidakpuasaan masyarakat terhadap putusan hakim dan dapat memicu masyarakat untuk melakukan tindakan main hakim sendiri. Namun khusus di Pengadilan Negeri Sungguminasa berdasarkan hasil wawancara dengan salah satu Hakim, selama ini belum adanya dampak yang ditimbulkan dengan adanya disparitas pemidanaan khususnya dalam tindak pidana penyalahgunaan narkotika.
Keywords: Disparitas, Pemidanaan, Narkotika

Item Type: Thesis (Skripsi)
Subjects: K Law > K Law (General)
Depositing User: S.Sos Rasman -
Date Deposited: 15 Feb 2022 02:37
Last Modified: 15 Feb 2022 02:37
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13310

Actions (login required)

View Item
View Item