TINJAUAN YURIDIS TINDAK PIDANA DENGAN SENGAJA MEMPEKERJAKAN DOKTER YANG TIDAK MEMILIKI SURAT IZIN PRAKTIK YANG DILAKUKAN OLEH PIMPINAN KLINIK KESEHATAN (Studi Kasus Putusan Nomor 451/Pid.Sus/2020/PN Jkt.Utr)


Erawan, Dhani Ihza (2022) TINJAUAN YURIDIS TINDAK PIDANA DENGAN SENGAJA MEMPEKERJAKAN DOKTER YANG TIDAK MEMILIKI SURAT IZIN PRAKTIK YANG DILAKUKAN OLEH PIMPINAN KLINIK KESEHATAN (Studi Kasus Putusan Nomor 451/Pid.Sus/2020/PN Jkt.Utr). Skripsi thesis, Universitas Hasanuddin.

[thumbnail of Cover]
Preview
Image (Cover)
B011171567_skripsi cover.png

Download (166kB) | Preview
[thumbnail of Bab 1-2] Text (Bab 1-2)
B011171567_skripsi 1-2.pdf

Download (785kB)
[thumbnail of Dapus] Text (Dapus)
B011171567_skripsi do.pdf

Download (171kB)
[thumbnail of Full Text] Text (Full Text)
B011171567_skripsi.pdf
Restricted to Repository staff only

Download (1MB)

Abstract (Abstrak)

DHANI IHZA ERAWAN (B011171567) “Tinjauan Yuridis Tindak Pidana Dengan Sengaja Mempekerjakan Dokter Yang Tidak Memiliki Surat Izin Praktik Yang Dilakukan Oleh Pimpinan Klinik Kesehatan (Studi Kasus Putusan Nomor 451/Pid.Sus/2020/PN Jkt.Utr)”. Dibawah bimbingan Amir Ilyas selaku Pembimbing I dan Audyna Mayasari Muin selaku Pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualifikasi perbuatan pada tindak pidana dengan sengaja mempekerjakan dokter yang tidak memiliki surat izin praktik yang dilakukan oleh pimpinan klinik kesehatan dan untuk mengetahui penerapan ketentuan pidana dan pertimbangan hukum hakim atas tindak pidana dengan sengaja mempekerjakan dokter yang tidak memiliki surat izin praktik yang dilakukan oleh pimpinan klinik kesehatan.
Tipe penelitian ini menggunakan metode penelitian hukum normatif untuk meneliti dan menulis pembahasan skripsi ini. Oleh karena itu, sebagai sumber datanya hanyalah data sekunder yang terdiri dari bahan hukum primer seperti peraturan perundang-udangan, bahan hukum sekunder seperti jurnal atau makalah, dan bahan hukum tersier seperti kamus hukum. Analisis bahan hukum, yaitu data primer ataupun data sekunder dianalisis secara kualitatif. Kemudian data tersebut disajikan secara deskriptif, yaitu dengan menelaah, menjelaskan, dan menggambarkan permasalahan-permasalahan yang berhubungan dengan objek yang dikaji guna memberikan pemahaman yang jelas dan terarah dari hasil penelitian.
Adapun hasil penelitian ini, yaitu 1) Perbuatan tindak pidana dengan sengaja mempekerjakan dokter yang tidak memiliki surat izin praktik yang dilakukan oleh pimpinan klinik kesehatan dalam pandangan hukum pidana dikualifikasikan dalam Pasal 81 ayat (1) Jo. Pasal 42 Undang-Undang Nomor 29 Tahun 2004 Tentang Praktik Kedokteran. 2) Penerapan ketentuan pidana oleh Majelis Hakim pada perkara Nomor 451/PId.Sus/2020/PN Jkt.Utr sudah tepat, walaupun hal tersebut tidak sesuai dengan dakwaan Jaksa Penuntut Umum, namun keyakinan hakim telah didasarkan pada fakta-fakta di persidangan, alat bukti yang diajukan berupa keterangan saksi, keterangan ahli, keterangan terdakwa, dan petunjuk dengan pertimbangan yang sudah tepat jika dilihat dari hal-hal yang memberatkan dan hal-hal yang meringankan terdakwa.

Item Type: Thesis (Skripsi)
Uncontrolled Keywords: Kesehatan, Surat Izin Praktik, Pimpinan Klinik Kesehatan.
Subjects: K Law > K Law (General)
Divisions (Program Studi): Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: S.I.P Zohrah Djohan
Date Deposited: 14 Feb 2022 06:42
Last Modified: 14 Feb 2022 06:42
URI: http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13277

Actions (login required)

View Item
View Item