MUSLIMIN, ZAENAB (2021) PENGURANGAN RUGI DAYA DAN PERBAIKAN PROFIL TEGANGAN PADA JARINGAN DISTRIBUSI DENGAN METODE PARTICLE SWARM OPTIMIZATION. Disertasi thesis, PROGRAM STUDI S3 TEKNIK ELEKTRO FAKULTAS TEKNIK.
Untitled.png
Download (114kB) | Preview
Disertasi-Zaenab 10012022.pdf
Restricted to Repository staff only
Download (2MB)
Abstract (Abstrak)
Penelitian ini bertujuan untuk meminimalkan rugi daya dan meningkatkan profile tegangan pada sistem distribusi dengan menempatkan Distribution Static Compensator (DSTATCOM) dan Distributed Generation (DG) pada lokasi yang tepat dan ukuran optimal. Penelitian ini menggunakan algoritma Particle Swarm Optimization (PSO) dalam menentukan ukuran dan lokasi optimal dari DSTATCOM dan metode analitik dalam menentukan kapasitas dari DG. Algoritma PSO disimulasikan pada sistem Distribusi Makassar Utara, 92 bus feeder Mandai dan sistem IEEE 85 menghasilkan profil tegangan minimum naik 0.73% dan profil tegangan rata-rata naik 0.4% atau 8 kV dan total rugi daya aktif dapat diminimalkan sebesar 10.53% untuk sistem distribui Makassar Utara. sedangkan untuk system IEEE 85 bus menunjukkan bahwa injeksi DSTATCOM paling optimal pada bus 36 sebesar 86.4157 kVar dengan rugi daya 32.9950 kW yang disusul dengan bus 48 sebesar 87.7737 kVar dengan rugi daya 32.9953 kW, meningkatkan profil tegangan minimum pada bus 54 (0.072%) dan tegangan rata-rata meningkat sebesar 0.06 %. Hasil simulasi untuk injeksi DG menunjukkan bahwa kandidat lokasi optimal DG Sistem Distribusi Makassar Feeder Kima 76 bus adalah bus 28, bus 45 dan bus 73, dari ketiga bus tersebut bus 73 (bus Piramid Mega Sakti) merupakan lokasi terbaik penempatan DG karena menghasilkan rugi daya aktif paling minimal 0.8515 menurunkan rugi daya aktif 45.77% dan profile tegangan meningkat rata-rata 1.7736 %. Untuk sistem IEEE 85 bus, hasil simulasi menunjukkan bahwa kandidat lokasi optimal DG pada bus 41, bus 48 dan bus 56 dengan kapasitas masing-masing beruturut turut 34.53 kW, 29.51 kW dan 29.04 kW. Dari ketiga bus penempatan DG maka bus 56 yang paling optimal, rugi daya yang paling minimal 29.5283 kW, peningkatan profile tegangan minimum pada bus 54 yaitu 0.9730 pu (13.15%) dan peningkatan profile tegangan rata-rata adalah 0.9818 pu (0.05%).
Item Type: | Thesis (Disertasi) |
---|---|
Subjects: | T Technology > TK Electrical engineering. Electronics Nuclear engineering |
Depositing User: | - Andi Anna |
Date Deposited: | 09 Feb 2022 07:28 |
Last Modified: | 09 Feb 2022 07:28 |
URI: | http://repository.unhas.ac.id:443/id/eprint/13259 |